Pj Bupati Lampung Barat Rayakan Hari Raya Idul Fitri Dengan Ikuti Budaya Sekura

Pj Bupati Lampung Barat Rayakan Hari Raya Idul Fitri Dengan Ikuti Budaya Sekura

Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah dengan mengunjungi langsung beberapa lokasi pesta budaya Sekura--Ade Irawan

LAMBAR,LAMPUNGNEWSPAPER - Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah dengan mengunjungi langsung beberapa lokasi pesta budaya Sekura yang digelar masyarakat Lampung Barat. 

Selain Nukman turut hadir dalam memeriahkan salah satu budaya kebanggaan Lampung Barat itu di Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit, Minggu 14 April 2024 Asisten III bidang Administrasi Umum, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan lurah. 

Dikatakan Nukman dalam sambutannya ia menyampaikan saat ini Lampung Barat sudah memiliki dua event Nasional yang diakuin oleh Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kebudayaan yakni sekura cakak buah dan Festival Sekala Bekhak.

Dirinya mengungkapkan hal tersebut tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Lampung Barat mengingat tidak setiap daerah memiliki budaya tergolong envent Nasional. 

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mendukung penuh kegiatan sekura cakak buah ini yang memang merupakan budaya warisan dari zaman ke zaman," ucapnya

BACA JUGA:Lapor Pak! Ada Sampah Membeludak di Saluran Irigasi di Kota Metro

Ia meminta kepada lapisan masyarakat Lampung Barat agar tetap melestarikan warisan budaya sekura cakak buah dan menjaga tatakerama keindahan budaya yang hanya ada di bumi beguai jejama sai betik ini. 

"Kita tunjukkan tatakerama keindahan budaya kebanggan kita ini dengan cara menjaga pakaian dengan sopan dan jangan merusak tanaman masyarakat," terangnya.

"Identiknya sekura inikan ngelimuk (mengumpulkan sampah) jadi kalo sekura membawa pohon-pohon itulah sekura dan membawa golok, pedang, boleh tapi jangan dicabut-cabut," sebutnya. 

“Sebab, dikatakan Nukman mengingat pesta budaya sekura cakak buah sudah masuk dalam event Nasional dan mendunia maka secara otomatis dipantau langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan,” tutupnya.

Sumber: