Masyarakat Kota Metro Diimbau Waspadai Penurunan Fungsi Ginjal

Masyarakat Kota Metro Diimbau Waspadai Penurunan Fungsi Ginjal

Dokter Unit Pelayanan Hemodialisa, dr Emilia--M. Ricardo

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jenderal Ahmad Yani Kota Metro tangani cuci darah 90 pasien penderita penyakit ginjal.

Masyarakat diminta waspadai penyakit ginjal dengan deteksi dini, faktor penurunan fungsi ginjal yang umumnya tanpa gejala penyerta.

Dokter Unit Pelayanan Hemodialisa, dr Emilia menyebut, penyakit ginjal merupakan masalah kesehatan global.

Pihaknya mencatat terdapat 90 pasien yang menjalani cuci darah akibat penyakit ginjal di pelayanan Unit Hemodialisa.

“Jadi, rata-rata pasien penderita rutin melakukan proses pembersihan dalam dua kali dalam seminggu. Penanganan cuci darah dilakukan sebagai terapi pengganti untuk memaksimalkan fungsi ginjal yang mengalami penurunan kinerja,” kata dia, saat diwawancarai usai acara peringatan Hari Ginjal Sedunia di RSUD Ahmad Yani Kota Metro, Selasa, 5/3/2024.

BACA JUGA:Satres Narkoba Polres Kota Metro Tangkap Dua Oknum ASN

Berdasarkan informasi yang dihimpun Lampung Newspaper, diketahui kasus penyakit ginjal di seluruh dunia berada di angka 10 persen, artinya  satu dari sepuluh orang memiliki risiko terkena penyakit ginjal. 

Masyarakat diminta mewaspadai penyakit ginjal, dengan memeriksa kondisi kesehatan untuk mengetahui fungsi ginjal yang memiliki fungsi vital menyaring metabolisme tubuh.

“Pemeriksaan fungsi ginjal, baik dilakukan untuk mengetahui seberapa baik fungsi ginjal dalam bekerja. Prosedur ini mendeteksi gangguan pada organ tersebut. Nantinya, urine dan darah akan diambil dan diamati di laboratorium,” tandasnya.  (MRC)

Sumber: