Masyarakat Sudah Bisa Pesan Tiket KA Rajabasa Untuk Mudik Lebaran 2024

Masyarakat Sudah Bisa Pesan Tiket KA Rajabasa Untuk Mudik Lebaran 2024

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang telah melakukan penjualan tiket KA Rajabasa untuk mudik Lebaran sejak 15 Februari 2024 kemarin.--Foto Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang telah melakukan penjualan tiket KA Rajabasa untuk mudik Lebaran sejak 15 Februari 2024 kemarin.

Tercatat penjualan tiket H-10 lebaran atau untuk keberangkatan pada 31 Maret 2024 telah terjual 80 tempat duduk atau 7,5 persen dari jumlah tempat duduk KA Rajabasa yang disediakan.

Manager Humas KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari menjelaskan, kini masyarakat dapat memesan tiket sesuai tanggal yang sudah dibuka

Penjualan sesuai dengan kebijakan KAI yang menetapkan bahwa pemesanan tiket KA Rajabasa mulai dari H-45 sebelum keberangkatan. 

Zaki menambahkan, KAI Divre IV Tanjungkarang menyediakan rata-rata 1.060 tempat duduk pada rangkaian KA Rajabasa per harinya.

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Bolehkan Warga Pakai Gedung Graha Mandala Tanpa Biaya Sewa

“Pada masa angkutan Lebaran KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang mengoperasikan KA Rajabasa relasi Tanjungkarang s.d Kertapati (PP) dan KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang s.d Baturaja (PP). Untuk penjualan KA Kuala Stabas baru dilakukan H-7 atau pada 24 Maret 2024 mendatang. Sebagai tambahan informasi, hingga saat ini KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang belum berencana mengoperasikan kereta api tambahan untuk libur Lebaran. Adapun jika ada update akan segera kami informasikan pada kesempatan di waktu dan tempat yang berbeda,” kata Zaki, Minggu (18/2/2024). 

Adapun ketentuan pemesanan tiket KA Lebaran 2024 sendiri dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, Call Center 121, aplikasi online travel agent (OTA), dan mitra resmi penjualan lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Sementara itu, pembelian tiket KA Lebaran di stasiun hanya bisa dilayani mulai dari tiga jam sebelum keberangkatan kereta menyesuaikan ketersediaan tempat duduk.

Zaki juga mengingatkan agar pelanggan teliti dalam memasukkan tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri ketika melakukan pemesanan tiket.

"Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal kereta mengingat volume kendaraan di Provinsi Lampung cendrung meningkat pada masa liburan seperti saat libur Lebaran," ujarnya.

BACA JUGA:Golkar Minta KPPS Pertanggungjawabkan Kesalahan Input Form C1 di Tubaba

Zaki juga menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, KAI kini menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.

Sistem antrean tersebut diberlakukan pada aplikasi Access by KAI dan web kai.id agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat-saat peak season seperti musim Lebaran ini.

Sumber: