Hadiri Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024, Gubernur Arinal Harapkan Pemilu di Lampung Kondusif

Hadiri Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024, Gubernur Arinal Harapkan Pemilu di Lampung Kondusif

--

BANDAR LAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER-  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Penghitungan Suara pada Pemilu Tahun 2024 di Provinsi Lampung bertempat di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur, Minggu (11/02).

Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar, selaku Pembina apel dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan apel ini dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pengawasan tahapan masa tenang Pemilu 2024.

"Hal serupa ini juga dilaksanakan di 15 Kabupaten/kota secara serentak, yang diikuti oleh seluruh jajaran pengawas Pemilu hingga tingkat PTPS," ucapnya.

Melalui kegiatan apel ini, Ketua Bawaslu berharap penyelenggaraan pemilu dapat dimaknai secara utuh dan berlangsung secara Luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia) dan Jurdil (jujur, dan adil) serta terlaksana sesuai regulasi.

BACA JUGA:Walikota Eva Tinjau Perbaikan Tanggul yang Jebol Akibat Diterjang Banjir

"Kami berharap dengan adanya kegiatan Apel Siaga dalam rangka pengawasan masa tenang dan juga persiapan pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara, kita semua dapat memaknai penyelenggaraan Pemilu secara utuh dan dapat berlangsung secara Luber dan Jurdil serta terlaksana sesuai regulasi yang berlaku," harapnya.

Ketua Bawaslu dalam hal ini juga meminta dukungan semua pihak dalam mewujudkan Pemilu di Lampung yang demokratis dan bermartabat.

"Kami, pengawas Pemilu, menyadari secara penuh bahwa dalam melakukan pengawasan secara universal dengan jumlah personil yang tidak memadai, maka dukungan dari semua pihak tentu sangat kita harapkan. Baik terhadap dukungan keamanan dan ketertiban serta terlibat secara partispatif melakukan pemantauan dan pengawasan maupun berpartipasi melaporkan segala bentuk dugaan pelanggaran, demi terwujudnya Pemilu di Lampung yang demokratis dan bermartabat," harapnya.

Dengan dilaksanakannya Patroli Pengawasan Masa Tenang pasca apel ini, Ketua Bawaslu juga mengharapkan dukungan seluruh pihak.

"Secara serentak diseluruh wilayah Lampung akan dilaksanakan Patroli Pengawasan Masa Tenang dalam rangka menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Maka kita mengharapkan dukungan dan support secara penuh dari pemerintah dalam hal ini Bapak Gubernur dan seluruh forkopimda juga tingkat kab/kota untuk bersama melakukan dan menghimbau terkait penertiban APK tersebut," lanjutnya.

BACA JUGA:Walikota Eva Lepas 14.400 Kotak Suara Untuk Didistribusikan ke 20 Kecamatan

Diakhir, Ketua Bawaslu berharap seluruh jajaran pengawas Pemilu untuk tetap menjaga integritas, menjaga soliditas tim serta meningkatkan pengawasan secara intensif.

"Kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu dari tingkat kabupaten/kota, kecamatan, PKD, hingga PTPS untuk tetap menjaga integritas, menjaga soliditas tim dan meningkatkan pengawasan secara intensif guna terwujudnya Pemilu sesuai asas Luber dan Jurdil. Publik menaruh harapan besar kepada kita semua, semoga kita semua diberi kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan,"ujarnya.

Menanggapi pelaksanaan apel ini, Gubernur Lampung berharap penyelenggaraan pemilihan umum di provinsi Lampung dapat berlangsung kondusif.

Sumber: