Potensi Pertanian Desa Kotajawa Wakhilau Pesawaran Dikunjungi Wabup Gunung Mas Kalteng

Potensi Pertanian Desa Kotajawa Wakhilau Pesawaran Dikunjungi Wabup Gunung Mas Kalteng

Wakil Bupati Gunungmas Efrensia L.P. Umbing didampingi Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura meninjau sawah. --foto fahrurrozi

PESAWARAN,LAMPUNGNEWSPAPER – Wakil Bupati (Wabup) Gunungmas Efrensia L.P. Umbing dan jajaran mengunjungi petani serta potensi pertanian di Desa Kotajawa, Kecamatan Waykhilau, Pesawaran, Rabu (17/1).

Kunjungan dalam rangka menimba ilmu. Ini dilatarbelakangi keinginan mengubah mindset masyarakat Kabupaten Gunungmas, Provinsi Kalimantan Tengah, untuk tertarik menjadi petani yang modern. 

“Kami berusaha selalu mengembangkan pertanian melalui berbagai bantuan untuk petani di Gunung Mas. Kedatangan saya ke sini, ingin melihat secara langsung bagaimana para petani di Pesawaran ini mengolah lahan pertanian. Sehingga nantinya dapat kita implementasikan di Kabupaten Gunung Mas,” ungkap Efrensia.

Menurut mantan Sekda Gunung Mas ini, pola masyarakat Gunung Mas untuk bercocok tanam atau bertani harus lebih ditingkatkan lagi. 

Dengan meningkatkan sumber daya manusia dan menggunakan teknologi tepat guna. 

Sebab, ketersediaan sumber daya alam yang kaya seperti kayu dan tambang emas, membuat masyarakat di kabupaten tersebut belum konsentrasi mengembangkan lahan pertanian. 

BACA JUGA:Rumah Indekos Diduga Dijadikan Tempat Prostitusi Terselubung Disegel Sat Pol PP Metro

“Dulu Kalimantan Tengah itu terkenal penghasil kayu dan emasnya banyak. Jadi bukan hanya sekedar nama Gunung Mas itu. Memamg banyak, sehingga penghasilan masyarakat di sana dari kayu dan menambang emas itu. Sehingga pengembangan lahan pertanian belum signifikan,” ucapnya. 

Sekali mendayung tiga pulau terlampaui, lanjutnya, tidak hanya memperlajari cara bertani, kedatangan Wakil Bupati Gunung Mas dan jajaran Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan juga mencari tenaga kerja yang mau menggarap lahan lahan pertanian di Gunung Mas.

“Kebetulan lahan pertanian saya di Gunung Mas, yang menggarap adalah pak Alek warga Kecamatan Negerikaton. Mendengar cerita tentang potensi pertanian di Pesawaran, saya sangat tertarik sehingga kami putuskan untuk melakukan kunjungan kerja lapang ke Pesawaran,” pungkasnya. (*)

Sumber: