Bupati Dendi Komitmen Berikan Ruang Lebih Untuk Kelompok Tani Hutan

Bupati Dendi Komitmen Berikan Ruang Lebih Untuk Kelompok Tani Hutan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Bupati Dendi Ramadona temu petani di Padangcermin--ist prokopim

PESAWARAN,LAMPUNGNEWSPAPER-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran berkomitmen memberikan ruang yang lebih untuk Kelompok Tani Hutan (KTH). 

Hal itu dikatakan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat menghadiri Temu Petani Hutan Provinsi Lampung Tahun 2023 di Lapangan Kantor Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran, Lampung, Jumat 22 Desember 2023.

Dikatakan, fokus untuk KTH, Pemkab telah berkerjasama dengan Komisi Pengelolaan Hutan (KPH) Pesawaran dan KPH Tahura Wan Abdul Rachman dalam mendampingi Kelompok Tani Hutan dalam pengusulan SK Perhutanan Sosial dan pemanfaatan kawasan hutan di Kabupaten Pesawaran.

Pemerintah Kabupaten Pesawaran juga telah memberikan bantuan dan pendampingan KTH yang telah mendapatkan izin Perhutanan Sosial. 

Bantuan tersebut antara lain bantuan ternak dan bibit pakan ternak kambing, bimbingan teknis penanggulangan hama penyakit terhadap tanaman kakao, bantuan pembentukan Koperasi dan pembinaan UMKM.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Akan Miliki Kapal Eksekutif Penyeberangan Bakauheni Merak

Kemudian dilakukan juga pendampingan pengajuan proposal untuk mendapatkan bantuan Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara (Bang PeSoNa) dan peralatan mesin ekonomi produktif. 

Harapannya, bantuan ini akan menambah semangat para KTH dalam menggarap lahan, sehingga pembangunan pertanian dan perhutanan sosial di Kabupaten Pesawaran dapat berjalan secara optimal, untuk mewujudkan masyarakat Lampung Berjaya. 

Hadir dalam kegiatan Gubernur Lampung, jajaran Kepala OPD Pemprov Lampung, Kepala Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan, Kepala BPKH Wilayah XX Bandar Lampung, Kepala BPHL Wilayah VI Bandar Lampung, Kepala BPDAS Way Sekampung Way Seputih, Kepala BAPPEDA Kabupaten Pesawaran, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Pesawaran.

Turut hadir juga Kepala Balai PSKL Wilayah Sumatera, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Lampung BKSDA Bengkulu, Pimpinan PT Inhutani V, Pimpinan PT Papandayan Cocoa Industries, Para Pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, Para Penerima Bantuan Alat Ekonomi Produktif dan Penerima Bantuan Bibit GELAM serta Petani Hutan Pemegang Persetujuan Perhutanan Sosial.(*)

 

Sumber: