Smart System Diklaim Mampu Kontrol Lampu Jalan di Bandar Lampung

Smart System Diklaim Mampu Kontrol Lampu Jalan di Bandar Lampung

Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Lampu Jalan Dinas PU Bandar Lampung, Basuni Ahyar --Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Dinas PU setempat sudah menerapkan aplikasi smart system untuk mengontrol lampu jalan di Kota Bandar Lampung setiap saat.

Selain itu, dengan sistem tersebut juga bisa menghemat anggaran, karena lampu jalan bisa dikendalikan dengan dimatikan atau di redupkan.

Aplikasi tersebut sudah dilakukan uji coba di sepanjang jalan Sultan Agung dengan pemasangan sebanyak tujuh titik smart kwh.

Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Lampu Jalan Dinas PU Bandar Lampung, Basuni Ahyar menjelaskan, dengan adanya aplikasi ini pengawasan lampu jalan lebih mudah dan modern karena bisa mengontrol melalui handphone.

"Sehingga jika ada yang rusak dan padam, kita bisa tau dari aplikasi yang ada di handphone," ungkapnya, Selasa (19/12/2023).

Selain itu, dengan adanya smart system bisa mengontrol penerangan lampu, sehingga bisa menghemat Anggaran tagihan listrik penerangan jalan ke PLN.

"Karena kita bisa mengontrol dan mensetting berapa daya lampu yang mau dipakai. Kalau dini hari saat kendaraan berkurang, kita bisa mengurangi daya watt nya," paparnya.

BACA JUGA:Ada Lonjakan Kasus HIV AIDS di Bandarlampung, Ini Komentar Walikota

Di tahun depan, pemasangan aplikasi smart system ini akan ditambah lagi, kemungkinan akan dipasang di jalan Antasari.

"Kenapa di jalan tersebut, karena memang kendaraan yg melintas di jalan itu juga banyak pada malam hari, dan titik lampu pun juga banyak, sehingga dengan pemasangan smart system, kita lebih mudah untuk mengontrolnya," ungkapnya.

Sementara itu di tahun ini, Dinas PU Bandar Lampung sudah melakukan pergantian 1000 titik lampu jalan yang sudah rusak atau habis masa garansinya.

Menurutnya, seharusnya pergantian lampu setiap tahunnya itu 25 persen dari jumlah yang ada saat ini di Bandar Lampung, yakni 25 ribu titik lampu jalan.

BACA JUGA:Cek Tapping Box, Masih Temukan Wajib Pajak Yang Curang

"Namun karena terkendala anggaran, kami hanya bisa mengganti tahun ini 1000 lampu jalan, karena anggaran yang disediakan hanya Rp 1 miliar," tandasnya.

Sumber: