Puluhan Ribu Benih Ikan Baung, Gabus dan Jelabat Ditebar di Sungai Jurangkuali

Puluhan Ribu Benih Ikan Baung, Gabus dan Jelabat Ditebar di Sungai Jurangkuali

Dinas Perikanan Mesuji menyebar benih ikan di sungai Desa Fajarindah, kemarin--foto dinas perikanan mesuji

MESUJI,LAMPUNGNEWSPAPER- Untuk menjaga pelestarian ikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji melalui Dinas Perikanan menebar bibit ikan di sungai Dusun Jurangkuali, Desa Fajarindah, Kecamatan Pancajaya.

Penyebaran benih ikan itu dilakukan bersama para Kelompok Masyarakat Pengawasan Perikanan (Pokmaswas) dan aparatur desa setempat pada Selasa (5/12). Kepala Dinas Perikanan Mesuji, Ripriyanto mengatakan ada tiga jenis ikan yang ditebar dalam kegiatan restocking ikan.

“Ikan yang ditebar di sungai itu ada ikan gabus, baung dan jelabat,” ujarnya.

Untuk jumlahnya, dirinya menyebut ada puluhan ribu benih ikan yang disebar. Adapun rinciannya, untuk benih ikan gabus ada 30.000 ribu ekor. Kemudian untuk benih ikan baung yang disebar di sungai ada 26.500 ekor. Terakhir ada benih ikan jelabat sebanyak 27.500 ekor.

Penyebaran benih ikan pada bulan ini menjadi yang terakhir pada tahun ini. “Untuk di tahun ini penyebaran bibit ikan kali ini menjadi yang terakhir,” ungkapnya. 

Ia pun mengaku sebelumnya Dinas Perikanan Mesuji telah menyebarkan benih ikan di sejumlah wilayah di Mesuji. Seperti di Desa Sungai Cambai, Kecamatan Mesuji Timur hingga Sungai Kabong dan Sungai Buaya. “Mudah-mudahan ikan yang ada di sungai-sungai Mesuji bisa terus lestari,” tandasnya.(*)

Sumber: