Karya Bhakti Kodim 0411 Kota Metro dan Upaya Antisipasi Banjir di Musim Hujan

Karya Bhakti Kodim 0411 Kota Metro dan Upaya Antisipasi Banjir di Musim Hujan

--

METRO, LAMPUNGNEWSPAPER -  Anggota Kodim 0411/KM menggelar bhakti sosial di Kampung Mekarsari, Kelurahan Hadimulyo Timur, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, Senin, 4/12/2023.

 

BACA JUGA:Polres Waykanan. Amankan 2 Orang Terduga Mencuri Besi Rel Kereta Api

 

Karya bhakti berupa membersihkan selokan, bantaran Sungai Bunut, penanaman bibit pohon dan membuang tumpukan sampah di dekat permukiman masyarakat itu dilakukan bersama dengan anggota Polri dan Pemerintah Daerah setempat.

 

Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0411/KM, Mayor Infanteri Agus Waluyo mengatakan, kegiatan kemanunggalan TNI tersebut sering dilakukan. Akan tetapi, kali ini bhakti sosial itu fokus pada dampak musim penghujan yang acap kali menimbulkan masalah lingkungan.

 

“Mencegah lebih baik, maka kita lakukan daripada mengatasi. Kami mengajak masyarakat permukiman di Mekarsari, Kelurahan Hadimulyo Timur untuk bersama-sama melaksanakan pembersihan parit dan tumpukan sampah yang menggunung, juga menjaga kebersihan aliran sungai serta penanaman pohon, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir karena intensitas hujan yang sudah mulai sering terjadi,” kata Agus Waluyo.

 

Salah satu sasaran dari kegiatan tersebut yakni, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya luapan air maupun ancaman banjir yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi, serta memutus mata rantai perkembangbiakan jentik nyamuk.

 

“Kebersamaan ini juga dimaksudkan sebagai sarana merawat silaturahmi, membangun kesadaran masyarakat, untuk bersama-sama aktif menjaga kebersihan lingkungan dan bantaran aliran sungai agar menjadi lebih lancar dan bersih,” tukasnya.

 

Sumber: