SDN 3 Gunung Terang akan Berganti SLB Negeri Bandar Lampung

SDN 3 Gunung Terang akan Berganti SLB Negeri Bandar Lampung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung yang akan membentuk sekolah luar biasa (SLB) negeri, telah menetapkan menggunakan gedung SD Negeri 3 Gunung Terang--Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung yang akan membentuk sekolah luar biasa (SLB) negeri, telah menetapkan menggunakan gedung SD Negeri 3 Gunung Terang.

SLB negeri yang beralamat di Jalan Sukardi Hamdani, Palapa 10, Kelurahan Gunung Terang, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung itu direncanakan akan diresmikan pada Desember 2023.

Kasi Kelembagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bandar Lampung, Mulyadi Syukri menyampaikan, ditetapkannya lokasi sekolah disabilitas di SD Negeri 3 Gunung Terang itu dikarenakan sekolah tersebut memiliki murid sedikit.

Sehingga, sarana dan prasarana SD Negeri 3 Gunung Terang. Seperti gedung sekolah akan digunakan untuk sekolah disabilitas.

"SDN 3 Gunung Terang yang digunakan. Karena sekolah itu dikit lagi muridnya tinggal 60 orang lagi," kata Mulyadi saat diwawancarai, Minggu (26/11/2023).

BACA JUGA:4 Iphone Paling Worth It Dibeli Buat Tahun 2024, Berapa Harganya ya?

Untuk sisa murid SD Negeri 3 Gunung Terang, rencananya akan dipindahkan ke sekolah terdekat.

"Nanti rencananya kita mau pindahkan mereka (sisa murid SD Negeri 3 Gunung Terang) ke sekolah terdekat. Tetapi secara bertahap nggak sekarang," kata dia.

Ia mengeklaim, ruangan yang pihaknya sudah siapkan untuk sekolah disabilitas sebanyak 4 ruangan.

"Sudah kita siapkan 4 ruangan baru sebatas itu dari kita," ungkapnya.

Mulyadi belum dapat memastikan apakah sekolah disabilitas untuk semua jenjang sekolah atau tidak nantinya.

"Nggak tahu masalah itu. Kita Dinas  tugasnya hanya menyiapkan tempatnya masalah siswanya bisa koordinasi dengan Dinas PPPA," terangnya.

Yang terpenting, sekolah disabilitas dipastikan ada kurikulum khusus siswa, gedung sekolah  dan ada guru.

"Lalu masalah perizinan nanti itu sejalan nanti. Yang jelas nanti mau mengakomodir anak-anak yang berkebutuhan khusus," tuturnya.

Mulyadi menambahkan, sekolah disabilitas ini diperkirakan dapat mengakomodir hingga 100 siswa.

"Rencananya Desember nanti akan diresmikan dan bisa menampung sekitar 80 sampai 100 murid berkebutuhan khusus," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PPPA Kota Bandar Lampung, Maryamah menyampaikan, sebelumnya lokasi untuk SLB Negeri ini ada beberapa pilihan alternatif yaitu di Tanjungkarang Barat (TKB) lalu di Kedaton dan juga di Teluk.

"Tapi sekarang sudah ditetapkan bahwa lokasi SLB negeri Bandar Lampung ini di SD Negeri 3 Gunung Terang," ujarnya.

Ia mengaku, untuk segala perizinan surat menyurat untuk bangunan sekolah it sudah beres.

"Hanya saja memang yang masih kurang kita tenaga pendidik. Karena ini kan tidak sembarangan, minimal yang berpengalaman," tandasnya. (*)

Sumber: