3 Desa di Lampung Selatan Belum Cairkan DD, Berkas Belum Lengkap Hambat Pencairan DD

3 Desa di Lampung Selatan Belum Cairkan DD, Berkas Belum Lengkap Hambat Pencairan DD

3 desa di lamsel belum cairkan dd--

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Tiga desa di Kabupaten Lampung Selatan belum mencairkan dana desa (DD) Tahap III Tahun 2023, hingga Bulan November ini. Alasannya, masih terdapat desa yang melakukan perbaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) 2023.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamsel, Erdiansyah, SH, MM mengatakan, pencairan DD tiga desa tersebut tengah dalam proses pencairan. Dia memastikan, dalam waktu dekat akan segera cair dan masuk ke rekening desa masing-masing.

 

“Ya, masih dalam proses. Yang 2 desa bahkan telah proses verifikasi di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Sementara 1 desa lagi masih dalam proses perbaikan RAPBDes-nya," ungkap Erdi via telepin.

Dia menerangkan, dua desa yang telah diajukan ke KPPN untuk diverifikasi pencairannya adalah Desa Sukaraja dan Desa Kalirejo, Kecamatan Palas. Sementara, Desa Pardasuka, Kecamatan Katibung kini masih perbaikan berkas Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes).

 

“Maka nya belum dapat diajukan ke KPPN, karena perbaikan berkasnya belum selesai. Tapi, jika perbaikan berkas RAPBDes sudah selesai dan baik, maka segera kami ajukan ke KPPN untuk diverifikasi. Apabila telah selesai, DD bisa secepatnya di transfer ke kas desa, guna dilakukan pencairan,"

 

 BACA JUGA: Untuk Alasan Pemerataan, Pemdes Palas Aji Nekat Kurangi Beras KPM

 

Seperti diketahui, 253 desa dari 256 desa di Lampung Selatan kini telah melakukan pencairan DD tahap III. Berdasarkan informasi, pagu DD tahun 2023 total mencapai Rp250.986.978.000 dengan rincian pagu DD tahap I sebesar Rp75.296.093.400, pagu DD tahap II Rp75.296.093.400 dan pagu DD tahap III sebesar Rp71.803.591.200. Sementara, untuk pagu Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT -DD) mencapai Rp28.591.200.000. (idh)

 

 

 

Sumber: