Meriahkan HUT Lamsel, Seribu Siswa Pentaskan Tari Bedana

Meriahkan HUT Lamsel, Seribu Siswa Pentaskan Tari Bedana

Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto bersama Ketua Umum DKLS Hj. Winarni Nanang Ermanto foto bersama peserta tari bedana masal di Lapangan Lamsel Expo, Kamis (16/11/2023).--Idho Mai Saputra

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Pemkab Lampung Selatan kian meriah. Sebanyak 1.000 orang pelajar melakukan tari bedana masal dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten berjuluk Khagom Mufakat ini, di Lapangan Lamsel Expo, Kamis (16/11/2023).

 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) bersama Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) ini digelar sebagai salah satu upaya melestarikan warisan budaya dan kearifan lokal Lampung.

 

Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakaan, digelarnya tari massal Bedana ini bertujuan untuk mendorong kesadaran akan pentingnya melestarikan tradisi dan seni daerah. Serta, menjaga identitas kultural dan memberikan ruang bagi generasi muda untuk terlibat dalam warisan budaya Lampung.

 

 “Saya berterimakasih atas dukungan Pemerintah Daerah Lampung Selatan diadakan tari massal ini. Agar generasi muda kita mencintai tradisi dan seni daerah yang kita miliki,” kata Winarni dalam sambutannya.

BACA JUGA:Sengketa Ladang 44 Hektare di Palas, BPN Ukur Ulang

 

Sementara itu, sebelum membuka acara secara resmi Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, apresiasinya kepada semua peserta, terutama anak-anak yang sudah berbaris di bawah terik matahari. Dia menekankan, pentingnya semangat kebersamaan dalam melestarikan budaya Lampung. 

 

 “Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata, dan juga kepada DKLS sebagai organisasi seni budaya Lampung Selatan. Serta para pelatih tari, pada guru-guru seni tari disekolah-sekolah, pada para seniman tari, para penggiat seni budaya, dan khususnya pada masyarakat Lampung Selatan yang telah menjaga Tari Bedana ini menjadi warisan budaya daerah kita,” pungkasnya. (idh)

 

 

 

 

 

Sumber: