Pemkab Lampura Melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan Indeks Inovasi Daerah dan Penyerahan Penghargaan

Pemkab Lampura Melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan Indeks Inovasi Daerah dan Penyerahan Penghargaan

Kepala Bappeda DR. Andi Wijaya, S.T., M.M., MAP. Membuka dan menyerahkan Piagam Penghargaan Inovasi Daerah Kepada Peserta Secara Simbolis.--Franxi Saputra

LAMPURA,LAMPUNGNEWSPAPER-Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan Indeks Inovasi Daerah (IID) dan Penyerahan Penghargaan Inovasi Daerah Kabupaten Lampung Utara Tahun 2023.
Acara berlangsung di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Lampung Utara, Selasa (07/11/2023).

Bupati Lampung Utara yang diwakili, Kepala Bappeda DR. Andi Wijaya, S.T., M.M., MAP. Membuka dan menyerahkan Piagam Penghargaan Inovasi Daerah Kepada Peserta Secara Simbolis.

Pada kesempatan itu, Kepala Bappeda menjelaskan bahwa bentuk Inovasi Daerah Diartikan Semua Bentuk Pembaharuan Untuk Peningkatan Kinerja Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Implementasinya dalam tata kelola Pemerintah Daerah meliputi penataan tata laksana internal dalam pelaksanaan fungsi manajemen dan pengelolaan unsur manajemen; pelayanan publik meliputi proses pemberian layanan barang dan jasa publik, serta inovasi jenis dan bentuk barang dan jasa publik; serta bentuk inovasi daerah lainnya.

Inovasi Hasil Kelitbangan berdasarkan Permendagri Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Keseimbangan di lingkungan Kemendagri dan Pemerintahan Daerah terdiri atas Penelitian, Pengkajian, Pengembangan, Perekayasaan, Penerapan, Pengoperasian Dan Evaluasi Kebijakan yang Kesemuanya Ini Akan menghasilkan suatu bentuk inovasi.

BACA JUGA:Setelah Jalani Operasi, Satu Pelaku Curas Modus COD Mobil di Kota Metro Meninggal

"Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah pada tahun 2023 ini telah ikut serta dalam Pengukuran dan Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Inovatif Government Award tahun 2023 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia," kata Kepala Bappeda.

Dalam kegiatan ini dari 251 inovasi yang dilaporkan oleh Perangkat Daerah bahkan sampai ke tingkat Unit pelaksana teknis daerah, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah mengirimkan sebanyak 114 inovasi yang memenuhi syarat ke Kementrian Dalam Negeri melalui Aplikasi Indeks Inovasi Daerah, dimana inovasi tersebut akan di ikut sertakan dalam Indeks Government Award (IGA) tahun 2023.

Dengan 114 Inovasi yang telah dikirimkan dalam aplikasi Indeks Inovasi Daerah Tahun 2023 mendapatkan Skor mandiri sementara sebesar 65,35 dengan peta Inovasi berwarna Hijau dengan sebutan Daerah Sangat Inovatif.

Tentu saja ini harus menjadi perhatian kita bersama untuk dapat terus meningkatkan Skor inovasi daerah Kabupaten Lampung Utara untuk menjadi daerah sangat Inovatif dengan terus berinovasi dalam menjalan tugas pokok dan fungsi yang ada, terlebih sudah ada regulasi yang mengaturnya yaitu Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 22 tentang Satu Perangkat Daerah Satu Inovasi.

"Kabupaten Lampung Utara membutuhkan lebih banyak lagi inovator di berbagai sektor yang sangat dibutuhkan masyarakat, seperti pangan, energi, kesehatan, termasuk inovasi dalam manajemen, model bisnis, dan digital preneurs. Karena itu, saya mengajak para inovator memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan negara. Berkontribusi bagi kemanusiaan dan kehidupan yang lebih baik," ujar Kepala Bappeda.

Melalui kesempatan ini, sambung Kepala Bappeda, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara memberikan penghargaan kepada perangkat daerah sebagai Inovator yang telah berpartisipasi dalam Inovasi Daerah Kabupaten Lampung Utara tahun 2023, yang mudah-mudahan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk terus berinovasi.

"Tidak Lupa Ucapan terima kasih kepada seluruh operator perangkat Daerah yang telah terlibat secara langsung dengan melakukan Penginputan Pelaporan inovasi yang telah dil laksanakan mulai bulan mei sampai dengan juli 2023 ini," tandas Kepala Bappeda. (Prn)

Sumber: