Sudah 1 Bulan Pedagang Pasirgintung Direlokasi, Pembangunannya Belum Juga Dimulai

Sudah 1 Bulan Pedagang Pasirgintung Direlokasi, Pembangunannya Belum Juga Dimulai

Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung, Wilson Faisol --Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER-Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung hingga kini masih menunggu hasil realisasi lelang yang masih dilakukan Balai Permukiman dan dan Perumahan Kementrian PUPR untuk membangun Pasar Pasirgintung, Bandarlampung.

Sudah sebulan sejak pedagang Pasar Pasirgintung direlokasi, para pedagangpun dengan tertib mengisi tempat yang disediakan sementara waktu di Pasar Smep, Bandarlampung.

Namun hingga 30 Oktober 2023, pembangunan pasar Pasirgintung tersebut belum juga dilakukan oleh pihak-pihak terkait.

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Bandarlampung, Wilson Faisol mengatakan pihaknya masih menunggu informasi lanjutan, setelah sebelumnya diinformasikan masih dalam tahap lelang.

"Untuk yang itu (Pasar Pasirgintung), teman-teman bisa tanyakan ke pusat. Kita sifatnya penerima manfaat dan menunggu saja," katanya ditemui di lingkungan Kantor Pemkot Bandarlampung.

Kata Wilson, demikian juga dengan target atau waktu pengerjaan selesai. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung hingga kini masih menunggu hasil realisasi lelang yang masih dilakukan Balai Permukiman dan dan Perumahan Kementrian PUPR untuk membangun Pasar Pasirgintung, Bandarlampung.

Sudah sebulan sejak pedagang Pasar Pasirgintung direlokasi, para pedagangpun dengan tertib mengisi tempat yang disediakan sementara waktu di Pasar Smep, Bandarlampung. Namun hingga 30 Oktober 2023, pembanguna pasar Pasirgintung tersebut belum juga dilakukan oleh pihak-pihak terkait.

BACA JUGA:Sengkarut Poyek Breakwater Kalianda

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Bandarlampung, Wilson Faisol mengatakan pihaknya masih menunggu informasi lanjutan, setelah sebelumnya diinformasikan masih dalam tahap lelang. "Untuk yang itu (Pasar Pasirgintung), teman-teman bisa tanyakan ke pusat. Kita sifatnya penerima manfaat dan menunggu saja," katanya ditemui di lingkungan Kantor Pemkot Bandarlampung. Kata Wilson, demikian juga dengan target atau waktu pengerjaan selesai. Dimana sebelumnya pernah diberitakan pasar akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Februari 2024.

"Itu kan perkiraan, ya kemungkinan setelah jadi akan diresmikan oleh Presiden, terkait berapa lama pengerjaanya kita tidak tahu,"ungkapnya. Ditanya soal parkir, pihaknya akan menjadikan jalan pisang yang lokasinya tidak jauh dari pasar Smep untuk dijadikan lahan parkir bagi pengunjung. "Di jalan pisang kan kosong, dan itu solusi lahan parkirnya,"singkatnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Kota Bandarlampung Iwan Gunawan menyebut pembangunan pasar Pasirgintung merupakan instruksi langsung Presiden Joko Widodo tidak lama saat dirinya mengunjungi pasar tersebt. "Pasar Pasirgintung itu pemerintah pusat melalui Balai Permukiman wilayah Lampung telah menganggarkan untuk membangunnya lebih bagus lagi," katanya.

Menurut Iwan, pembangunan yang sudah dijawalkan tidak lama lagi itu akan dilakukan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat. "Rencanan dibangun Oktober. Dengan perkiraan anggaran Rp35 miliar. Kemungkinan dua lantai," ujarnya. Selain itu, Pemkot Bandarlampung memfasilitasi pedagang yang ada di Pasirgintung untuk sementara dipindahkan ke Pasar Smep sampai proyek pengerjaan itu jadi. Pembangunan pasar pasir gintung itu diharapkan masyarakat bisa langsung merasakan manfaat tersebut nantinya

"Itu kan perkiraan, ya kemungkinan setelah jadi akan diresmikan oleh Presiden, terkait berapa lama pengerjaanya kita tidak tahu,"ungkapnya.

Ditanya soal parkir, pihaknya akan menjadikan jalan pisang yang lokasinya tidak jauh dari pasar Smep untuk dijadikan lahan parkir bagi pengunjung.

Sumber: