Kesekian Kalinya Lahan Kebun Warga Lampura Terbakar

Kesekian Kalinya Lahan Kebun Warga Lampura Terbakar

Kebakaran lahan perkebunan di Gang Pandawa, Tanjung Alam Permai,--Franxi Saputra

LAMPURA,LAMPUNGNEWSPAPER- Kebakaran lahan perkebunan di Gang Pandawa, Tanjung Alam Permai, Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Rabu, 1 November 2023.

Untung dalam kejadian itu, api belum sempat menjalar ke rumah warga. Sebab, tak jauh dari tempat kejadian, terdapat pemukiman warga. Dan selang beberapa waktu,  datanglah kendaraan pemadam (damkar).

"Untung api belum sempat menjalar mas, dan pemadam langsung datang merespon keluhan masyarakat," ujar salah seorang warga disana, Irawan.

Menurutnya kejadian kebakaran itu tidak berlangsung lama. Maklum itu adalah areal perkebunan milik warga di Kebun Lima, kelurahan tetangga, yakni Tanjung Senang, kecamatan setempat.

"Kalau perkiraan sementara, penyebabnya kemungkinan puntung rokok yang dibuang begitu saja. Maklum bang kebun karet ini serut, tidak pernah disiangi. Ditambah kemarau, hingga api cepat membesar," terangnya.

Dan kejadian itu, kata dia, bukan hanya sekali terjadi disana. Telah pernah ada kejadian serupa, ditempat berbeda tapi masih dalam satu lingkungan. "Untung jauh dari pemukiman warga, dan api tidak terlalu besar. Sehingga dapat dipadamkan warga," tambahnya.

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Miliki Sisa Hutang Rp200 Miliar, Terbesar di Dinas PU


Berdasarkan pemantauan dilapangan, petugas dibantu warga bahu - membahu memadamkan api. Tidak berlangsung lama, api dapat dipadamkan segera. "Alhamdulillah bang, api bisa kita padamkan. Kalau disini, baru sekali kami dapat pemberitahuan seperti ini, tapi di Lampura sudah banyak kejadian," tambah petugas DPKP Lampura, Angga.

Dalam kejadian itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Pelayanan (DPKP) Lampura menurunkan 3 orang petugas dibantu dari BPBD satu orang. Sehingga total ada 4 petugas diturunkan disana, yang dilengkapi dengan satu ini kendaraan pemadam. (Prn)

Sumber: