Cuaca Panas Dampak El Nino tak Berdampak Dengan Kondisi GAK

Cuaca Panas  Dampak El Nino tak Berdampak Dengan Kondisi GAK

akktiifitas gak noormal,(ilustrasi gak)--pixabay.com

RAJABASA,LAMPUNGNEWSPAPER - Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau (GAK) Hargo Pancoran, menyebut kalau kondisi gunung tersebut sedang baik-baik saja.

 

Belum adalagi erupsi yang tercatat, setelah terakhir kali erupsi terjadi pada pertengahan bulan September 2023 lalu.

 

Bicara mengenai kondisi Gunung Anak Krakatau selama El Nino berlangsung juga tidak memengaruhi apapun.

 

Mengingat kondisi cuaca saat ini sedang panas terus-menerus, suhu di gunung yang sarat akan sejarah itu masih seperti biasanya.

"Tidak ada perubahan," ujar Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau (GAK) Hargo Pancoran, Andi Suwardi, saat dikonfirmasi Radar Lamsel.

 

Berdasarkan laporan pengamatan gunung api, tinggi Gunung Anak Krakatau masih di ketinggian 157 meter di atas permukaan laut.

 

BACA JUGA:Pemkot Gelar Pasar Murah Oktober hingga Desember, Cek Jadwal Kegiatan  

 

Secara meteorologi, cuacanya di sana cenderung berawan. Suhu udara 26.5-29.6 °C dan kelembaban udara 43-56 %.

 

Pengamatan visual, gunung terlihat jelas. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis,sedang dan tinggi 10-100 meter di atas puncak kawah.

 

Visual teramati asap putih tipis tinggi lk 25-50m dan teramati sinar api tinggi lk 5-10m. Status kegempaan GAK cenderung ke frekuensi rendah.

 

Ombak lautnya juga tenang. Tingkat aktivitas GAK masih di level III atau siaga. Masyarakat dan wisatawan dilarang mendekat dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif. (rnd)

 

 

 

Sumber: