Keras! Komisi III DPRD Kota Metro Tunggu Dishub Tata Ulang Titik Pasang 300 PJJ

Keras! Komisi III DPRD Kota Metro Tunggu Dishub Tata Ulang Titik Pasang 300 PJJ

Ketua Komisi III DPRD Kota Metro, Subhan --

Substansi dari penataan ulang titik lokasi pemasangan 300 PJU itu, menurut Subhan berkaitan dengan pemenuhan hak masyarakat. Sebab, lanjut dia, seluruh warga Kota Metro tanpa terkecuali memiliki kewajiban yang sama soal pajak, maka sudah tentu punya hak yang sama atas fasilitas lampu penerangan dari pemerintah, dan harus terpenuhi.

 

“Kami dari Komisi III tetap berkeinginan untuk dilakukan pemerataan. Kita hilangkan dulu prasangka-prasangka bahwa ini ada kepentingan politis, kita tidak berpikir ke sana dulu, kita berpikir ini harus ambil jalan tengah, maka harus dibagi rata di setiap kelurahan,” tegasnya.

 

“Karena apa saya minta seperti itu? Semua orang tahu bahwa masyarakat yang mempunyai rekening listrik, itu semua pasti kena pajak penerangan lampu jalan, kita penekanannya ke arah sana. Maka, kalau 300 titik lampu itu dibagi ke 22 kelurahan, nah kita baru setuju, karena itu baru fair namanya,” lanjutnya.

 

Dia menegaskan, jika Dishub Kota Metro masih beritikad untuk melakukan koordinasi dengan Komisi III, maka harus perubahan penempatan titik lokasi pemasangan PJU harus dilakukan berdasarkan pemerataan jumlah di setiap kelurahan.

 

“Silakan silakan saja apabila Dinas Perhubungan bersih kukuh tidak mau merubah lokasi pemasangan PJU itu. Maka itu artinya, menandakan bahwa mereka itu tidak bisa saling berkoordinasi. Saya kepingin juga masalah ini biar didengar juga oleh pimpinan mereka, biar Pak Wali Kota juga tahu urusan ini, karena ini kan enggak bagus situasinya, ya silakan,” tukasnya.

 

Berdasarkan data yang diterima Lampung Newspaper, diketahui pembagian 300 PJU di setiap kelurahan itu, rinciannya tersebar di Kecamatan Metro Pusat yang menjadi wilayah terbanyak yang bakal dipasangi PJU, yakni sebanyak 51 lampu jalan untuk Kelurahan Yosomulyo, 20 lampu jalan di Kelurahan Metro, masing-masing 15 lampu jalan di Kelurahan Imopuro dan Kelurahan Hadimulyo Barat, serta 16 lampu jalan untuk Kelurahan Hadimulyo Timur.

 

Disusul Kecamatan Metro Timur yang menjadi wilayah terbanyak ke dua, yang menerima PJU dengan rincian sebanyak 30 titik tersebar di Kelurahan Iringmulyo, 26 lampu jalan di Kelurahan Tejoagung, 20 titik untuk di Kelurahan Yosorejo, 15 titik di Kelurahan Tejosari dan sebanyak 7 titik di Kelurahan Yosodadi.

 

Lalu, pemasangan PJU di Kecamatan Metro Utara, diketahui rinciannya sebanyak 18 lampu jalan bakal dipasang di wilayah Kelurahan Banjarsari, masing-masing 4 titik di Kelurahan Purwosari dan Kelurahan Karangrejo, serta 6 lampu jalan untuk di Kelurahan Purwoasri.

Sumber: