Beredar Isu Kepentingan Individu Dalam Proyek PJU di Kota Metro, Benarkah?

Beredar Isu Kepentingan Individu Dalam Proyek PJU di Kota Metro, Benarkah?

--

METRO, LAMPUNGNEWSPAPER - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro, Helmy Zain menyangkal tudingan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat yang menilai ada “pemain” dalam proyek pemasangan 300 titik Penerangan Jalan Umum (PJU).

 

BACA JUGA:Akibat Kekeringan, Gagal Panen Tanaman Padi Meluas di Palas Lamsel

 

Helmy Zain membantah dan menganggap pihaknya telah berkoordinasi dengan legislator, terkait penentuan jumlah titik pemasangan PJU. Dia menegaskan tidak ada oknum-oknum yang “bermain” atau asas kepentingan individu dalam proyek pengadaan fasilitas umum yang menyerap dana APBD sekitar Rp1,5 miliar tersebut.

 

“Hus! Sama sekali enggak ada lah saya kepentingan pribadi, enggak ada untung-untungnya saya sama sekali. Saya bilang lampu ini mau dipasang di mana saja, sepanjang itu masih di wilayah Kota Metro, ya monggo. Ya kalau memang saya dianggap tidak melakukan koordinasi Ya silakan saja. Tapi sebenarnya saya sudah pernah komunikasi waktu hearing pertama di April kalau enggak salah,” kata Helmy saat diwawancarai Lampung Newspaper, Jumat, 29/9/2023.

 

“Bahkan, Ketua Komisi III itu pernah menanyakan ke saya lewat WA, masih ada WA nya. Dia minta data pemasangan di Metro Timur, saya kirim, oh makasih katanya. Ada, tapi untuk apalah kita buka-buka seperti itu. Ya kalau menurut saya ada koordinasi, tapi menurut mereka, ya silahkan saja,” timpal lagi.

 

Menurutnya, pihaknya sudah berkali-kali mengikuti hearing soal PJU bersama para legislator. Sedangkan, soal penentuan titik-titik pemasangan PJU, dia hanya sebatas pelaksana hasil pokok pikiran (pokir) dan reses anggota dewan tahun 2021.

 

“Sebenarnya terkait dengan penentuan titik-titik itu kan sudah dibuat sejak 2022, ya kan itu sebelum saya masuk sini, barang itu sudah ada. Artinya sudah ada data-datanya, sudah ada. Saya masuk ke sini, barang itu memang sudah ada, jadi tugas saya hanya memasang. Sudah direncanakan di 2022, zamannya Pak Zul,” bebernya.

 

Sumber: