Pemkab Pringsewu Anggarkan Revitalisasi Bendungan Way Gatel Sebesar Rp1,6 M

Pemkab Pringsewu Anggarkan Revitalisasi Bendungan Way Gatel Sebesar Rp1,6 M

Bendungan Way Gatel Pringsewu--dok

PRINGSEWU,LAMPUNGNEWSPAPER-Lantaran kerap jebol akibat  luapan air serta kapasitas pintu bendungan yang tak mampu menahan debit air, ditambah dengan tumpukan sampah, bendungan Way Gatel yang terletak di Pekon Panjarejo, Kecamatan Gading Rejo Kabupaten  Pringsewu bakal direvitalisasi oleh Pemkab setempat.

 

 

 

Hal itu dilakukan oleh Pemkab Pringsewu untuk mencegah jebolnya tanggul  yang akan berimplikasi kerugian dan terendamnya persawahan  dan rumah penduduk.

 

 

 

Way Gatel  pernah jebol pada Oktober 2022 lalu, luapan banjir mengakibatkan beberapa wilayah yang ada disekitar bendungan terdampak.

 

 

 

BACA JUGA:Butuh Dana Segar Hingga 100 Juta untuk Usaha, KUR Bank Mandiri Tanpa Anggunan

 

Seperti Pekon Sidoharjo, Ambarawa dan Pekon Panjarejo Kabupaten Pringsewu Lampung .Puluhan rumah penduduk terdampak akibat jebolnya tanggul Way Gatel saat itu.

 

 

 

Bukan hanya di tahun 2022 saja, tanggul Way Gatel juga pernah mengalami hal serupa pada  tahun 2019. Penyebab jebolnya tanggul yang mengairi ribuan hektar sawah di kabupaten Jejama Secancanan ini selain  curah hujan tinggi namun faktor kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan juga menjadi penyebabnya.

 

 

 

Tumpukan sampah kerap terlihat disekitar pintu bendungan Way Gatel ini, hal ini perlu kesadaran dari setiap warga agar jebolnya tanggul tidak kembali terulang.

 

 

 

Pemkab Pringsewu juga bersikap dengan kejadian jebolnya tanggul tersebut, dilansir dari berbagai situs.

 

Pemkab Pringsewu akan menganggarkan dana dari alokasi pendapatan belanja daerah (APBD) 2023 sejumlah Rp 1,6 Miliar.

 

 

BACA JUGA:Modus Bisnis Tiket Kapal, Korban Merugi Puluhan Juta

Sumber: