TPI Kotaagung Terus Berbenah, Sejumlah Fasilitas Dibangun

TPI Kotaagung Terus Berbenah, Sejumlah Fasilitas Dibangun

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Agung, Tanggamus, Lampung terus berbenah. Sejumlah fasilitas pendukung akan segera dibangun. --

TANGGAMUS, LAMPUNGNEWSPAPER - Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kotaagung Kabupaten Tanggamus Lampung terus berbenah.Hal itu seiring dengan konsep pembangunan yang tengah dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Saat ini sejumlah konsep pembangunan TPI Kotaagung yang telah naik statusnya menjadi pelabuhan perikanan pantai (PPP).

 

BACA JUGA:Keahlian Pokdariwis Terus Ditambah

 

Beberapa tahun lalu itu, mulai dikerjakan seperti pembuatan tempat pelelangan ikan. Lalu apa saja sejumlah fasilitas yang akan dibangun di tempat pelabuhan perikanan pantai Kotaagung. Ketua TPI Kotaagung Juni Madasik menerangkan bahwa semua fasilitas yang akan dibangun ditempat tersebut.

 

Telah tergambarkan dalam Masterplan dan rencana tata bangunan PPP Kotaagung Provinsi Lampung. Yang tertera di kantor UPTD Pelabuhan Perikanan Kotaagung Tanggamus Lampung. Adapun sejumlah fasilitas dan bangunan yang nantinya akan dibangun ialah. Pintu Gerbang, Sclupture, WC Umum, Pos Angkatan Laut.

 

Lalu kantor UPTD, kantor Syahbandar, Musholla, pasar ikan, gedung genset, Tempat pengepakan, toko waserba, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Tempat Pelelangan Ikan, Dermaga Labuh, Break Water, Area Slip Way. Bengkel dan area docking, area kuliner, pos Polairud.Area pengolahan ikan, rumah susun Serta Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN).

 

“Jadi nantinya, TPI saat ini akan dijadikan tempat lapak atau kios ikan, nah TPI yang baru nanti akan dibangun didepan bangunan saat ini,”Kata Juni Madasik, Rabu 9 Agustus 2023 Selain memiliki konsep yang tertata lebih rapi lanjutnya, dimana nantinya jalan disekitar TPI akan diperbaiki. Lalu dilengkapi dengan sejumlah fasilitas mushalla, taman serta lainnya.Diharapkan hal tersebut akan meningkatkan kesejahteraan bagi pedagang ikan dan juga nelayan Kotaagung.

 

“TPI ini merupakan tempat puluhan pedagang termasuk saya mencari nafkah. Jadi kita sangat beruntung sekali mendapat perhatian dari pemerintah pusat tempat ini akan dibangun, jadi saya mengajak semuanya untuk mendukung pembangunan ini,”urai Juni. Saat ini lanjut Juni, lebih dari 70 an pedagang kios maupun hamparan yang ada di TPI Kotaagung.

 

Sumber: