Menteri Pertanian RI Harapkan Provinsi Lampung Menjadi Penopang Pangan Nasional

Menteri Pertanian RI Harapkan Provinsi Lampung Menjadi Penopang Pangan Nasional

--

 

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa kehadirannya di Provinsi Lampung dalam rangka melakukan gerakan nasional menghadapi iklim el nino. Sesuai arahan Presiden, terdapat 6 provinsi utama penopang pangan nasional, diantaranya Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan, dimana Lampung menjadi salah satunya kata Menteri Pertanian, yang merupakan provinsi penyangga.

 

Menteri Pertanian mengungkapkan, salah satu yang menjadi alasan dipilihnya Provinsi Lampung sebagai salah satu provinsi utama adalah karena overstock beras Lampung yang menunjukkan  tren yang baik serta menyuplai kebutuhan beras bagi provinsi lain.

 

"Ini membutuhkan konsentrasi, kerjasama yang apik antara pemerintah pusat melalui Kementan, dengan Gubernur serta Kabupaten yang ada. Dan Lampung adalah daerah penyangga langsung ke Pulau Jawa," kata Menteri Syahrul Yasin Limpo.

 

"Kalau untuk (mencukupi kebutuhan) Lampung sendiri dalam menghadapi el nino sudah selesai, tapi Lampung harus berkontribusi kepada kepentingan nasional. Bapak Kadis (Pertanian dan Dinas terkait) dan Gubernur sangat serius dan antusias membantu kepentingan bangsa," tambahnya lagi.

 

Menteri Pertanian juga menyampaikan arahan untuk menghadapi iklim el nino pada sektor pertanian, diantaranya dengan melakukan percepatan tanam untuk mengejar sisa hujan, mengidentifikasi lokasi yang terdampak kekeringan, peningkatan ketersediaan alsintan untuk percepatan tanam, peningkatan ketersediaan air dengan membangun atau memperbaiki embung, dam parit, sumur rehabilitasi jaringan irigasi tersier.

 

Kemudian penyediaan benih tahan kekeringan dan OPT, menyiapkan program 1000 ha adaptasi dan mitigasi dampak el nino, pengembangan pupuk organik terpusat dan mandiri, dukungan pembiayaan KUR dan Asuransi Pertanian, serta penyiapan lumbung pangan sampai tingkat desa.(*/npt)

Sumber: