Lebih Luas dari Bandarlampung, Penduduk Lebih Banyak Dari Metro, Natar Sudah Pantas Dimekarkan

Lebih Luas dari Bandarlampung, Penduduk Lebih Banyak Dari Metro, Natar Sudah Pantas Dimekarkan

--

Lamsel, Lampungnewspaper.disway.id - Sebagai sebuah kecamatan, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung selatan ternyata sudah sepatutnya menjadi satu kabupaten ataupun kota madya.

Memiliki luas wilayah yang lebih besar ketimbang Kota Bandar Lampung dan Metro, potensi kecamatan ini juga tidak main-main.


Adanya Bandara Radin Inten II di Desa Branti, Kecamatan Natar juga patut dipertimbangkan, belum lagi akses pintu tol hingga stasiun kereta api yang juga berada di Kecamatan Natar.


Memiliki dua lajur jalan lintas sumatera sepanjang 13 Kilometer juga menunjang untuk dijadikan kawasan kota administrasi.


Belum lagi jika bicara jumlah penduduk, Kecamatan Natar yang memilik 26 desa ini ternyata memiliki penduduk hampir 200 ribu jiwa, bahkan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) tahun 2024 mendatang Kecamatan Natar memiliki jumlah pemilih terbanyak se Provinsi Lampung dengan 142 ribu pemilih.


Wajar, jika ada wacana pemekaran Kecamatan Natar dan beberapa kecamatan lainnya sebab semua indikator atau syarat sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) sudah terpenuhi.


Tetapi setelah pergantian 5 kali Bupati Lamsel, mulai dari Zulkifli Anwar, Wendi Melfa, Ricko Menoza, Zainudin hingga Nanang Ermanto wacana itu tak kunjung terealisasi.

Malahan selalu menjadi komoditi politik para calon bupati, termasuk H Nanang Ermanto dan Zainudin yang menjadikan isu pemekaran sebagai senjat andalan kampanye.


Saat ini, masyarakat Kecamatan Natar dan sekitarnya seperti Jati Agung dan Tanjung Bintang sangat berharap adanya pemekaran tersebut, selain bisa memangkas ruwetnya pelayanan juga bisa fokus pembangunan infrastruktur. (Kms)

Sumber: