Pekan Nasional Petani-Nelayan XVI Tahun 2023 Resmi Dibuka

Pekan Nasional Petani-Nelayan XVI Tahun 2023 Resmi Dibuka

--gambar: lampungprov.go.id

SUMATERA BARAT, LAMPUNGNEWSPAPER - Gubernur Lampung diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi, bersama Ketua KTNA Provinsi Lampung, Hanan A. Rozak, serta kontingen KTNA Lampung menghadiri acara pembukaan Pekan Nasional (PENAS) Petani-Nelayan XVI Tahun 2023, yang diselenggarakan di Lapangan Udara Sutan Syahrir, Kota Padang, Sumatera Barat, pada hari Sabtu (10/06/2023).

 

Pekan Nasional Petani Nelayan Indonesia adalah acara dimana para petani, nelayan, dan petani hutan berkumpul dan bersilaturahmi untuk saling memperlihatkan pencapaian mereka sebagai pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan.

 

Acara ini dibuka oleh Presiden RI yang diwakili oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, secara virtual. Selain itu, hadir secara langsung dalam acara pembukaan PENAS di Padang, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, anggota DPR-RI, anggota DPD-RI, Ketua Umum KTNA Nasional, Yadi Sofyan Nur, beberapa Gubernur, Bupati/Walikota, serta Ketua KTNA Provinsi/Kabupaten dari seluruh Indonesia.

 

Menteri Syahrul Yasin Limpo menyampaikan dalam sambutannya bahwa mitra petani dan pengusaha dari seluruh wilayah di Indonesia hadir di acara ini, sehingga Pekan Nasional Petani-Nelayan ini menjadi momentum penting untuk menjalin kerjasama. Menurut Mentan, sektor pertanian tetap tumbuh meskipun Indonesia dilanda Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, Presiden RI melalui Menteri Pertanian mengucapkan terima kasih kepada seluruh petani di Indonesia yang telah berjuang bersama-sama untuk menjaga kestabilan pangan.

 

Saat melepas keberangkatan kontingen KTNA Lampung untuk mengikuti Pekan Nasional pada hari Kamis, 08/06/2023, Gubernur Lampung juga menyampaikan harapannya agar seluruh kontingen Lampung dapat menjalin kemitraan dan jejaring usaha serta informasi agribisnis dengan pengusaha di bidang agribisnis dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Ketua KTNA Lampung, Hanan A. Rozak, saat meninjau stand pameran produk pertanian Lampung dalam PENAS XVI di Padang, menyatakan bahwa provinsi Lampung mengirimkan 576 orang dari KTNA Provinsi yang terdiri dari peserta utama, peserta Madya, dan pendamping.

 

Dalam Pekan Nasional Petani-Nelayan di Sumatera Barat, kontingen Lampung mengikuti sejumlah kegiatan, antara lain, Temu Wicara, Rembug Madya dan Rembug Utama KTNA Nasional, Temu Profesi, Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis, Pameran dan Expo Pertanian, Gelar Teknologi, Peragaan, Unjuk Tangkas dan Asah Terampil, Studi Banding, serta Pagelaran Seni Budaya Nusantara.

Sumber: