Kandidat Kuat Pj Bupati Tanggamus Terindikasi Korupsi

Kandidat Kuat Pj Bupati Tanggamus Terindikasi Korupsi

--

TANGGAMUS - Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dan Wakil Bupati Tanggamus Hi.A.M. Syafii resmi mengakhiri jabatannya pada 23 September 2023 mendatang. Untuk mengisi kekosongan, Gubernur Lampung bakal menunjuk seorang pejabat (Pj) bupati.

 

Sejumlah pengamat meminta agar sosok Pj bupati Tanggamus nantinya adalah orang yang bersih dari indikasi korupsi. Pasalnya, menurut keterangan dari sejumlah sumber di lingkungan Pemkab Tanggamus yang akan menjadi kandidat kuat Pj bupati Tanggamus adalah pejabat senior Pemkab Tanggamus berinisial H.

 

H sendiri saat ini sering menuai sorotan, pasalnya adanya dugaan terindikasi korupsi yaitu dugaan penyimpangan Proyek Pengadaan Prasarana Lampu Jalan dan Proyek Feasibility Study (FS) Jalur Kereta Api Pringsewu-Gisting, yang dikelola Dinas Perhubungan Tanggamus tahun 2015-2016. Kasus ini sempat ditangani Kejaksaan Tinggi Lampung.

 

H sendiri sering di demo oleh kalangan mahasiswa hingga LSM, namun tidak pernah ada klarifikasi dari H mengenai bantahannya atas tuduhan korupsi tersebut. H malah cenderung menghindar.

 

Ketua LSM Kibar Tanggamus, Suharni,S.Sos, menyayangkan sikap H tersebut, yang menurutnya tidak 'Gentle Man'.

 

"Sebaikny hadapi dan berikan jawaban secara kongkret dan berikan data sesuai akuntabilitas.Apapun kekayaan pejabat negara jika dihasilkan dari hasil yang tidak sesuai prosedur dan aturan amaka aparat penegak hukum (APH) wajib melakukan pendalaman atas temuan-temuan yang ada dan pada pihak terkait jangan mengelak dari informaai yang beredar dan kepada masyarakat jangan pula memberikan tudingan atas tuduhan yang tidak mendasar apalagi tidak disertai data komprehensif," kata Suharni.

 

Sementara, Ketua DPP Solidaritas Pemuda Peduli Pembangunan (SP3) Supriyansah, sekaligus penggiat adat dan budaya ikut menyoroti maraknya pemberitaan mengenai H yang digadang gadang bakal menjadi Pj bupati Tanggamus.

 

“Ternyata Kabupaten Tanggamus tidak sedang baik-baik saja. Dari beberapa catatan kami,  terdapat beberapa hal yang berkaitan langsung dengan kinerja H selaku pejabat senior Pemkab Tanggamus," kata dia.

 

Supriyansah juga berharap kepada DPRD Tanggamus, yang notabenenya wakil dari masyarakat Tanggamus secara menyeluruh hendaknya melakukan langkah-langkah dan upaya konkret serta antisipatif sesuai dengan tugas fungsi yang melekat padanya, dalam menyikapi dinamika yang berkembang dimasyarakat dan pemerintahan.

 

"Dan kepada Bupati tanggamus segera melakukan evaluasi kinerja secara komprehensif terhadap H karena semua kewenangan daerah melekat pada bupati," pungkasnya. (ral)

Sumber: