Gubernur Arinal Djunaidi Menghadiri Pertemuan Ilmiah Tahunan HATHI

Sabtu 26-08-2023,15:27 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin

 

Perubahan iklim sudah menjadi perhatian di seluruh dunia dan penyebab utamanya adalah peningkatan efek gas rumah kaca yang diakibatkan oleh aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi dan industri.

 

 

Hal ini terlihat dari meningkatnya bahaya bencana yang terkait dengan perubahan iklim seperti : banjir, kekeringan, badai, longsor, gelombang pasang tinggi, kebakaran hutan, gelombang panas yang intens dan meningkatnya kejadian penyakit yang mengakibatkan hilangnya nyawa manusia dan penghidupan, hancurnya  ekonomi dan infrastruktur sosial serta kerusakan lingkungan.

 

 

Perubahan iklim menjadi ancaman bagi ketahanan pangan, air dan energi karena perubahan iklim dapat mempengaruhi produktifitas pertanian, ketersediaan air dan energi.

 

 

BMKG memprediksi fenomena El Nino akan semakin menguat pada bulan Agustus - September tahun ini yang beresiko meningkatkan kekeringan.

 

 

Selanjutnya akan berdampak pada ketersediaan air dan menurunkan produktifitas di sektor pertanian hingga mempengaruhi ketahanan pangan nasional.

 

 

Tags :
Kategori :

Terkait