Gubernur Arinal Ajak Masyarakat Lampung Kerja dan Berkarya

Kamis 17-08-2023,19:14 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin

 

Lampung memiliki komoditas unggulan pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan serta kawasan sentra produksi udang. Lampung sebagai lumbung pangan yang tercermin dari produksi dan kontribusi pertanian yang termasuk dalam 5 besar nasional (padi, ubi kayu, nanas, jagung, kopi robusta, lada, kakao, tebu, pisang dan sebagainya).

 

 

BACA JUGA:Walikota Eva Harap Momentum Kemerdekaan Harus Bisa Dirasakan Seluruh Masyarakat

 

Kemudian sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan pada tanggal 16 Agustus kemarin, bahwa fondasi untuk menggapai kemajuan bangsa salah satunya ialah dengan melaksanakan pembangunan dari desa, pinggiran, dan daerah terluar yang pada akhirnya memeratakan perekonomian.

 

Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung menyadari bahwa sebagian besar penduduk tinggal di desa dan potensi sumber daya alam yang luar biasa banyak terdapat di desa.

 

Oleh karena itu, menurut Gubernur untuk mendorong terjadinya pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat harus melakukan penguatan yang dimulai dari desa.

 

Membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah perdesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan, sudah menjadi komitmen sejak awal kepemimpinan Gubernur Arinal yang tertuang dalam misi ke-5 Pemerintah Provinsi Lampung.

 

"Dengan dukungan berbagai program unggulan seperti Kartu Petani Berjaya, Smart Village berbasis digital, dan lain - lain, Alhamdulillah, melalui program-program tersebut desa-desa di Provinsi Lampung mengalami kemajuan. Dari 2.446 jumlah desa di Provinsi Lampung, sekarang sudah tidak  ada lagi desa yang berstatus "sangat tertinggal." Sebagian besar sudah "berkembang," "maju," dan bahkan "mandiri." Indikator lainnya, kinerja dalam pengentasan kemiskinan di Provinsi Lampung sangat baik. Provinsi Lampung di Tahun 2022 menempati peringkat 3 Nasional dalam pengurangan jumlah penduduk miskin, setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Atas kerja keras dan upaya tersebut, Alhamdulillah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah mengakui hasil kerja Pemerintah Provinsi Lampung," papar Gubernur di hadapan peserta Upacara.

 

Tags :
Kategori :

Terkait