Bangunan Bersejarah ini Pemiliknya Orang Terkaya di Lampung dan Donatur Perjuangan Soekarno

Sabtu 19-08-2023,22:38 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin

BANDARLAMPUNG.LAMPUNGNEWSPAPER-Menyusuri Jalan Kota Raja   yang terletak di pusat Kota Bandarlampung jalan ini    merupakan jalan Protokol diantara    jalan Teuku Umar dengan Jalan Raden Intan.

 

Jalan Kota Raja tergolong jalan yang cukup pendek di antara jalan protokol yang   ada di Bandarlampung, hanya sekitar kurang lebih 100 m dari titik Gedung Juang 45 ke Gedung perbelanjaan Ramayana.

 

Mulai dari titik awal Jalan Kota Raja kita akan mendapati 3   bangunan bersejarah di Kota Bandarlampung.

 

1.             Gedung Juang   45

 

 

 

Tugu Juang  45 merupakan salah satu tugu di Bandar Lampung yang terletak di pusat kota. Tugu ini tepat berada di depan Gedung Juang 45. Tugu yang ada tiga pahlawan kemerdekaan ini terletak di pertigaan jalan Kotaraja, RA Kartini dan Teuku Umar.

 

Gedung Juang 45 memiliki sejarah perjuangan bagi Lampung. Gedung Juang 45 ini sudah ada sejak zaman Belanda. Dulunya gedung ini milik perkebunan Belanda dan jatuh ke tangan Jepang setelah Jepang memasuki Lampung.

 

Gedung Juang 45 ini pada zaman keresidenan Mr Abbas diambil alih pemuda-pemuda Jepang dan menjadi markas perjuangan Komite Nasional Daerah Lampung, Dewan Perwakilan Rakyat Lampung dan Balai Pertemuan Rakyat Lampung.

 

Saat ini Tugu Juang 45 telah memiliki taman dan kolam air mancur. Di lokasi ini menjadi tempat nongkrong baru bagi masyarakat Bandar Lampung baik anak-anak remaja hingga dewasa yang bersama keluarga sekedar bermain dan berfoto.

 

 

 

2. Masjid Taqwa

 

Masjid Taqwa merupakan masjid yang sangat ramai dikunjungi karena lokasinya dapat dibilang strategis tepat di pusat kota dan depan pintu utama masuk stasiun Tanjung Karang Bandar Lampung.

 

Masjid ini sangat ramai dikunjungi karena lokasinya dapat dibilang strategis tepat di pusat kota dan depan pintu utama masuk stasiun Tanjung Karang.

 

Karena terletak di pusat perbelanjaan Bandarlampung, tak heran para jamaah nya   yang datang dari para pemilik toko dan karyawan yang berada di Pasar Tengah Kota Bandarlampung.

 

 Awalnya Masjid Taqwa Tanjungkarang yang berawal dari bangunan panggung dan dan berdindingkan papan. Masjid Taqwa dapat terbilang masjid yang cukup tua didirikan pada tahun 1950.

 

 

Kategori :