Polsuska Berhasil Amankan Pencuri Penambat Rel KA di wilayah Belambangan Pagar

Polsuska Berhasil Amankan Pencuri Penambat Rel KA di wilayah Belambangan Pagar

Pencuri Besi Kereta Api Diringkus Polsuska--

Lampung - Pencurian besi penambat rel KA (pendrol) terjadi di Belambangan Pagar, Kabupaten Lampung Utara. 2 pelaku diamankan polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) Divre IV Tanjung Karang bersama anggota polsek setempat.

Penangkapan ini bermula dari Laporan informasi petugas PPJ BBA An. Manto bahwa di KM 78+2 s/d KM 78+5 telah terjadi pencurian Alat penambat Pada hari Senin, 19 Agustus 2024, sekira pukul 06.00 wib.

BACA JUGA:45 Anggota DPRD Lampung Utara Periode 2024-2029.Telah di Lantik Aswarodi ; Semangat Baru, Harapan Baru

dari Laporan tersebut Katon Polsuska berkoordinasi dengan Satpam Stasiun Belambangan Pagar untuk dilakukan pengecekan di lokasi dan menyisir sejumlah jalur rel Km 78+2/5. Dan mencari informasi kepada warga yang tinggal di sekitar TKP. Dari hasil tersebut didapati informasi bahwa skitar Pukul 01.00 wib terdengar ada beberapa Orang melakukan pencurian, kemudian informasi warga lain bahwa ada sekitar 6 karung besi Pendrol, di dalam rumah kosong yang berada di Jl. Kemala indah RT 001 RW 03 depan Min 5 Lampung utara desa Blambangan kec. Blambangan pagar kab. Lampung utara yg tidak jauh dari TKP.

 

Selanjutnya dilakukan pengintaian pada rumah kosong tersebut. Sekitar pukul 10.00 wib didapati sebuah kendaraan roda 3 dengan 2 orang pelaku sedang menuju rumah kosong tersebut dan tertangkap tangan sedang mengangkut karung berisi pendrol-pendrol tersebut. Selanjutnya dibawa dan diamankan di polsek Abung Selatan

 

Barang Bukti Yang berhasil diamankan : 6 buah Karung kecil 10kg, berisi Pendrol di dalam rumah kosong, 1 Unit kendaraan bermotor Roda 3 Merk Viar warna Biru. Pelaku 2 orang yang diamankan inisial AS Umur 34 Tahun pekerjaan buruh Tani inisial S Umur 37 Tahun Pekerjaan Buruh Tani. Total Kerugian PT KAI di Taksir kurang lebih 432 Pendrol seharga kurang lebih 15 jutaan.

 

Di tempat terpisah Manager Pengamanan PT KAI Kolonel Mar. Bambang Soekrno Pihaknya mengecam tindakan pencurian besi penambat rel ini, karena sangat membahayakan keselamatan perjalanan kereta api. Terlebih, besi penambat ini memiliki peran cukup vital untuk menjaga lebar rel agar tidak berubah sesuai dengan teknis.

 

KAI Divre IV TanjungKarang terus meningkatkan patroli di jalur Ka bersama aparat kewilayahan untuk mencegah tindak serupa terjadi di tempat lain di wilayah Divre," pungkas Bambang.

 

Atas perbuatannya, pelaku dikenai Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman pidana 5 tahun penjara.

Sumber: