Dorong Pembangunan Ekonomi Inklusif, Kelompok Tani Desa Candimas Berhasil Kembangkan Ternak.

Dorong Pembangunan Ekonomi Inklusif, Kelompok Tani Desa Candimas Berhasil Kembangkan Ternak.

Pemdes Candimas sukses mengembangbiakan indukan kambing kacang--Wawan

LAMPURA,LAMPUNGNEWSPAPER- Kabar gembira datang dari kelompok binaan Pemdes Candimas. Empat kelompok tani yang tahun lalu mendapat bantuan puluhan ekor kambing lewat  program ketahanan pangan, sukses mengembangbiakan indukan kambing kacang.

Pada tahun 2023 lalu, Pemdes Candimas menyalurkan 33 ekor kambing kacang yang dikelola oleh empat kelompok tersebar yang berada di dusun I -IV desa setempat.

Kempat kelompok tersebut yakni Maju Jaya, Sejahtera, Mekar, dan Maju Bersama.

"Alhamdulillah sudah mulai berkembang biak. Rata-rata indukan berhasil melahirkan satu sampai dua ekor anak. Semua itu tidak terlepas dari dampingan tim penyuluh, kelompok tani selalu diberikan edukasi," kata Kades Candimas, Zainal Abidin didampingi Sekdes, Nurrochman, Kamis, (27/7/2024).

Berdasarkan pendataan sementara, sambung dia, hingga hari ini indukan kambing berhasil melahirkan anak dengan total keseluruhan mencapai 16 ekor.

BACA JUGA:Warga Kota Alam Demo Kandang Ayam Broiler, Minta Kandang Ditutup Permanen

"Sementara ini sudah ada 16 ekor anak kambing. Beberapa indukan masih dalam keadaan hamil," terangnya.

Pihaknya berharap kelompok tani dapat terus melestarikan dan melakukan perguliran agar perekonomian di desa dapat terus berputar dan meningkat.

"Akan terus digulirkan. Warga nanti bergantian mengurus indukan kambing. Kalau melahirkan, anaknya diurus warga, indukannya kita pindahkan ke warga yang lain secara bertahap. Dengan harapan semua merasakan dampaknya, perekonomian kita di desa bisa meningkat," tandasnya.(Wan)

Sumber: