Imbau Tanam Bambu, Pj Bupati Marindo Ajak Warga Pringsewu Angkat Ikon Khas Daerah 

Imbau Tanam Bambu, Pj Bupati Marindo Ajak Warga Pringsewu Angkat Ikon Khas Daerah 

Pj. Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan --

PRINGSEWU, LAMPUNG NEWSPAPER - Dalam rangka mengangkat kembali ikon atau ciri khas daerah Pringsewu, Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan mengimbau untuk menanam pohon bambu sebagai hiasan dan ornamen tanaman di lingkungan kantor masing-masing dengan memanfaatkan lahan yang kosong.

Imbauan itu disampaikannya melalui Surat Edaran No.031/630/U.06/2024 tertanggal 17 Juli 2024, yang ditujukan kepada pimpinan instansi vertikal, kepala perangkat daerah, pimpinan perbankan dan universitas atau lembaga pendidikan, direktur BUMD, PDAM, RSUD dan RS swasta, camat dan kapekon serta Lurah, pelaku usaha wisata, hotel dan restoran serta UMKM.

"Kemudian, menggerakkan masyarakat dan pelaku usaha lainnya untuk turut serta menanam  pohon bambu di lahan masing-masing, serta memelihara, menjaga dan menata pohon bambu tersebut dan juga menjadikannya sebagai hutan masyarakat dan tanaman ekonomis," ujarnya. 

Selain itu, masyarakat juga, dapat menghadirkan atau memajang pohon bambu buatan, baik terbuat dari plastik, artificial, sintetis pada kantor-kantor masing-masing.  

"Sebagaimana diketahui bahwa pada awal mula dibukanya daerah Pringsewu terdapat hutan bambu di wilayah ini," katanya. 

Dijelaskan Marindo bahwa tanaman bambu selain mempunyai nilai ekonomis yang tinggi,  juga berfungsi terhadap lingkungan hidup diantaranya dapat meningkatkan volume air, mencegah erosi, menyerap  karbon dioksida dengan baik, sebagai bahan baku industri, makanan dan obat-obatan, serta produk rumah  tangga, seni dan budaya serta dapat dijadikan sebagai destinasi wisata. (rls)

Sumber: