Dinas Ketahanan Pangan Monitoring Harga Pangan Di Pasar Umbul Kluwih

Dinas Ketahanan Pangan Monitoring Harga Pangan Di Pasar Umbul Kluwih

--

 
PESAWARAN.LAMPUNGNEWSPAPER-Guna  menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di Kabupaten Pesawaran, Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura kabupaten setempat monitoring ketersediaan dan harga bahan pangan pokok di Pasar Umbul Kluwih Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran, Selasa 11 Juni 2024
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran Hendra Sulistianto mengatakan pemantauan ketersediaan dan harga bahan pangan pokok dilakukan dengan metode survey dan wawancara langsung kepada para pedagang yang terdapat di Pasar Umbul Kluwih. 
 
“Dari monitoring tadi kita dapati hanya cabai merah mengalami kenaikan, namun untuk bahan pangan pokok yang lainnya relatif stabil,”unkapnya
 
 
Dikatakan, harga cabai merah mengalami kenaikan harga sebesar Rp.20 ribu  dari harga sebelumnya Rp.40 ribu menjadi Rp. 60 ribu. Dimana, kenaikan tersebut dimungkinkan dari faktor cuaca dan tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi menjelang hari raya Idul Adha.
 
Sedangkan,  bawang merah mengalami penurunan sebesar Rp.10 ribu  yang sebelumnya Rp.50 ribu menjadi Rp.40 ribu.  Dimana, ketersediaan bahan pangan pokok yang di butuhkan masyarakat Kabupaten Pesawaran dalam kondisi aman. 
 
“Dari pantauan tidak ditemukan adanya produk makanan dan minuman yang melewati kadaluarsa,”ucapnya.  
 
 
Untuk itu pihaknya berharap dengan adanya hasil dari pemantauan ketersediaan dan harga bahan pangan pokok ini dapat menjadi acuan bagi para stakeholders dalam mengambil kebijakan terkait. (Ozi)

Sumber: