Komitmen Mengembangkan Sektor Pariwisata, Gubernur Arinal Resmikan Arte Hotel Bandar Lampung

Komitmen Mengembangkan Sektor Pariwisata, Gubernur Arinal Resmikan Arte Hotel Bandar Lampung

--

Komitmen Mengembangkan Sektor Pariwisata, Gubernur Arinal Resmikan Arte Hotel Bandar Lampung

BANDARLAMPUNG.LAMPUNGNEWSPAPER - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan Arte Hotel Bandar Lampung yang berlokasi di Jl. Jendral Ahmad Yani No. 21 Bandar Lampung, Sabtu (11/5/2024).

"Peresmian Hotel Arte hari ini adalah tonggak bersejarah bagi industri pariwisata di Provinsi Lampung, bukan hanya akan menjadi tempat menginap yang nyaman bagi wisatawan, tetapi juga sebuah ikon baru yang memperkaya kemajuan kota kita," ucap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberikan sambutan dalam acara Peresmian Arte Hotel.

Gubernur Lampung yakin bahwa Provinsi Lampung adalah tempat yang kaya akan potensi pariwisata dan ekonomi yang berkembang pesat. Dengan pantai yang indah, kekayaan alam yang melimpah, dan kebudayaan yang unik sehingga potensi sektor pariwisata disini sangatlah besar. 

Berdasarkan data BBWI (Bangga Berwisata di Indonesia) yang dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif R.I., tentang Laporan 

Capaian Target Pergerakan Wisatawan Nusantara periode Januari – September 2023, Provinsi Lampung menempati urutan ke-3 capaian tertinggi pergerakan wisatawan nusantara di Pulau Sumatera, yaitu sebesar 10.260.000. Angka ini telah melebihi hampir 2 (dua) kali lipat dari target pergerakan wisatawan nusantara Provinsi Lampung pada tahun 2023 yakni sebesar 5.490.000. 

"Beberapa pencapaian yang telah kita raih antara lain peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, pembangunan berbagai fasilitas pariwisata, serta peningkatan promosi destinasi Lampung melalui berbagai platform," ungkapnya.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor pariwisata dengan langkah-langkah strategis, termasuk peningkatan investasi, pembangunan infrastruktur yang memadai, pengembangan SDM pariwisata, serta promosi destinasi yang lebih agresif.

Salah satu kunci keberhasilan industri pariwisata adalah melalui pembangunan infrastruktur perhotelan yang berkualitas dan memadai. Dengan adanya pembangunan hotel yang lebih giat di Provinsi Lampung, yang salah satunya adalah Arte Hotel Bandar Lampung, tentunya akan dapat meningkatkan perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja baru, dan memperluas layanan pariwisata yang tersedia bagi pengunjung. 

Dalam menjalankan roda pemerintahan selama 5 (lima) tahun ini telah banyak yang diupayakan. Berkat kekompakkan yang terbina dengan harmonis.

"Alhamdulillah kita mampu menoreh berbagai prestasi. Diantaranya ekonomi Lampung tumbuh paling tinggi se-Indonesia, yang sebesar 9,13 persen," ungkapnya.

Hingga akhir tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Lampung secara keseluruhan tercatat 4,28 persen; dan semakin membaik menjadi 4,55 persen di tahun 2023. Kondisi makro ekonomi tersebut tentunya menjadi landasan yang baik untuk terus mendorong pemulihan dan peningkatan ekonomi daerah yang diharapkan.

Selanjutnya, perkembangan indikator yang terkait kesejahteraan masyarakat juga menunjukkan bahwa data tingkat Kemiskinan hingga Maret 2023 berada pada level 11,11 persen; yang berarti menurun dibanding keadaan pada masa Covid di tahun 2020 maupun kondisi tahun 2019 yang berkisar 12,34 - 12,76 persen; dan lebih baik dari kondisi pada pada Maret 2018 yang tercatat sebesar 13,14 persen.

Lebih lanjut, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2023 tercatat sebesar 4,18 persen, yang berarti turun dibandingkan dengan keadaan pada masa bencana Covid sebesar 4,67 persen di tahun 2020. 

Sumber: