Pawai Drum Band dan Pawai Mobil Hias Peringati HUT ke- 60 Provinsi Lampung

Pawai Drum Band dan Pawai Mobil Hias Peringati HUT ke- 60 Provinsi Lampung

--

BANDARLAMPUNG. LAMPUNG NEWSPAPER - Meski sempat diguyur hujan sebelum acara belangsung, kegiatan Pawai Drum Band dan Pawai Mobil Hias dalam rangka Peringatan HUT Ke-60 Provinsi Lampung tetap disambut antusias oleh ribuan masyarakat Lampung di sepanjang jalan protokol di Bandar Lampung, mulai dari Mahan Agung hingga Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung, Sabtu (27/04/2024).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Ketua Umum Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal saat melepas secara resmi peserta Pawai mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan HUT Ke-60 Provinsi Lampung,  yakni untuk mengenang sejarah terbentuknya Provinsi Lampung, sekaligus sebagai wujud rasa syukur, dan doa untuk Provinsi Lampung agar selalu dilimpahkan keselamatan dan penuh rahmat dari Allah SWT. 

"Kirab Marching Band bukanlah sekadar pertunjukan musik biasa, tapi merupakan perwujudan dari semangat kekompakan, kerja keras, dan keunggulan yang telah kita tanamkan dalam setiap langkah kita sebagai warga Lampung," ungkapnya.

"Begitu pula dengan Pawai kendaraan hias, Pawai ini bukan hanya sekadar parade biasa. Ini adalah perwujudan dari semangat gotong royong dan kebanggaan akan institusi Perangkat Daerah masing-masing," lanjut Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga kebersamaan dan persatuan sebagai warga Provinsi Lampung, serta menjadikan hari jadi ini sebagai landasan untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan Provinsi Lampung.

"Saya percaya bahwa dengan semangat yang tulus dan dedikasi yang tinggi, kita dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat Provinsi Lampung untuk mewujudkan cita-cita Provinsi Lampung untuk Lampung Berjaya," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Harian PDBI Lampung Drs. Lukman, MM mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi dalam mengisi Hari Jadi Provinsi Lampung dan Hari Kemerdekaan, sekaligus untuk menghibur dan membangun Rasa Cinta terhadap tanah air, khususnya daerah Lampung tercinta.

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan Patriotisme dan Nasionalisme yang tinggi terhadap pemuda generasi bangsa dan masyarakat pada umumnya, Karnaval ini juga diharapkan mampu menjaga kelestarian budaya, persatuan dan kesatuan serta memotivasi semangat dikalangan generasi penerus," ungkapnya.

Kegiatan Pawai Drum Band ini diikuti oleh 54 pleton, diantaranya yakni Pasukan Paskibra 1  Pleton, Marching Band/Drumband (SD,SMP,SMA) 15 Unit, Muli Mekhanai Lampung 1 Pleton, Siswa-siswi SMA/SMK Provinsi Lampung 30 Pleton, Para Kepala Sekolah SMA/SMK 1 Pleton, TNI/POLRI 3 Pleton, dan Organisasi Sosial 3 Pleton.

Sementara itu, untuk Kendaraan Hias diikuti oleh 35 Unit kendaraan yang berasal dari Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Lampung, BUMN, BUMD, Instansi Vertikal dan Instansi Pendidikan.

Mobil-mobil tersebut dihias dengan berbagai kreativitas dan ornamen serta dekorasi yang mengandung cerita dan makna yang menggambarkan identitas, nilai-nilai, dan peran penting masing-masing instansi dalam membangun Lampung tercinta.

Diantaranya adalah Mobil hias Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung yang dihias sedemikian rupa dan mengkampanyekan pentingnya mengkonsumsi protein hewani dengan mambagi-bagikan telur kepada masyarakat yang menyaksikan. 

Kemudian ada juga Mobil Dinas BMBK Provinsi Lampung yang menampilkan Mobil Unit Reaksi Cepat (URC) yang sedang membawa Ekskavator sedang membangun Jembatan Way STKIP-PGRI Metro yang diresmikan oleh Gubernur Lampung beberapa waktu lalu.

Lukman juga melaporkan bahwa Pawai kendaraan hias, kirab Drumband/Marchingband dan pelajar ini akan dilakukan penilaian oleh juri-juri profesional dan bagi peserta yang mendapatkan nilai terbaik akan mendapatkan hadiah berupa tropi dan piagam penghargaan.

Sumber: