Surya Jaya, Sosok Birokrat Muda dan Pengusaha Siap Pimpin Tubabar

Surya Jaya, Sosok Birokrat Muda dan Pengusaha Siap Pimpin Tubabar

Surya Jaya Redes merupakan alumnus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) , kemudian melanjutkan S2 di Universitas Lampung (Unila). --ist

 TUBABAR,LAMPUNGNEWSPAPER-Dr. Surya Jaya Rades (33) merupakan sosok birokrat muda yang saat ini mengemban amanah sebagai Camat Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubabar)

 

Surya dilantik sebagai Camat Tumijajar oleh Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat M. Firsada di Gedung Bumi Gayo Sesat Agung Islamic Center, 16 November 2023 saat itu usianya baru menginjak 32 tahun.

Sebagai putra asli kelahiran Tulang Bawang Barat tepatnya di Desa Karta, 18 Februari 1991. Surya bercita-cita untuk membangun tanah kelahirannya menjadi lebih maju di sektor pertanian dan dapat bersaing dengan daerah lainnya.

Surya juga dianggap dan dinilai sejumlah tokoh di Tulang Bawang Barat cocok untuk berkontestasi dalam gelaran pemilihan umum kepala daerah (Pilkada).

Surya juga saat ini sudah mulai aktif bertemu sejumlah elite politik yang ada di Tubabar seperti sudah melakukan silahturahmi ke Partai Gerindra,PAN, Demokrat dan PDI Perjuangan.

Selain bertemu tokoh politik, Surya Jaya Redes juga bertemu dengan Paguyuban Pasundan disaat moment buka puasa bersama di kediaman Surya Jaya Redes.

BACA JUGA:Seharian Menghilang ST (32) Ditemukan Tak Bernyawa Gantung Diri

Dalam kesempatan itu, Paguyuban Pasundan menyatakan siap mendukung Surya Jaya Redes menjadi Bupati di Kabupaten berjuluk Ragem Sai Mangi Waway itu.

“Kami menilai Kabupaten ini memang pantas dipimpin pak Surya. Maka dari itu Paguyuban Pasundan siap untuk berkolaborasi bersama menghantarkan pak Surya menjadi Bupati Tubaba,” kata Ketua Paguyuban Pasundan Hidayat.

Menurut Mang Yayat,sapaan akrab Hidayat alasan paguyubannya mendukung Surya Jaya Rades karena  menilai hasil kinerjanya selama memimpin Kelurahan Daya Murni hingga Kecamatan Tumijajar banyak kemajuan.

“Dari ide, gagasan dan trobosan pak Surya selama ini menjadi penilaian kami untuk mendukungnya. Maka Paguyuban Pasundan yakin Tubaba semakin maju dibawah kepemimpinan Surya Jaya Rades yang memiliki slogan ‘Muda Itu Kamu’ maju sebagai Bupati Tubaba,"pungkasnya.

Menanggapi adanya dukungan tersebut, Surya Jaya Rades mengucapkan terimakasihnya kepada Paguyuban Pasundan

Terimakasih atas dukungan para saudara saya dari Paguyuban Pasundan, semoga kekeluargaan dan kebersamaan yang harmonis ini dapat senantiasa terjalin selamanya,” ucap Surya.

Soal dukungan menjadi Bupati Tubaba, Surya mengaku berserah diri pada Tuhan yang Maha Esa.

“Jika memang masyarakat merestui dan Allah SWT meridhoi saya menjadi Bupati insyaallah saya siap mengemban amanah,"kata Camat termuda di Lampung ini.

Dikutip dari berbagai sumber, Surya Jaya Redes merupakan alumnus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) , kemudian melanjutkan S2 di Universitas Lampung (Unila). 

Setelah menyelesaikan pendidikan di IPDN, Surya Jaya Redes mengawali karier sebagai Staff Biro Protokol Gubernur Lampung.

Ia juga pernah menjabat sebagai Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kecamatan Lambu Kibang, Lurah Dayamurni dan Sekretaris Camat Tumijajar(*)

Sumber: