KPU Metro Gelar Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kota

KPU Metro Gelar Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kota

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro menggelar Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024.--foto M.Ricardo

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro menggelar Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024.

Kegiatan itu dilaksanakan di Hotel Aidia Grande Kota Metro selama dua hari berturut-turut, dimulai tanggal 27-28 Februari 2024 .

Kasubag Teknis Penyelenggara Pemilu dan Humas KPU Kota Metro, Rudy Tanjung, mewakili Sekretaris KPU Kota Metro Jumadi Ahmad mengatakan, pihaknya telah menyampaikan undangan untuk perwakilan dari masing-masing peserta pemilu.

“Ya. Undangan personelnya sudah kami sampaikan ke pihak saksi yang terdiri dari saksi Parpol, saksi pasangan Capres-Cawapres dan saksi DPD. Masing-masing satu orang,” kata Rudy, Selasa, 27/2/2024.

“Tahap ini pun kita undang Forkopimda dan Satpol PP, juga melibatkan Diskes dan Damkar untuk antisipasi seluruh pengamanan rekapitulasi ini,” lanjutnya.

BACA JUGA:Penetrasi Pasar dan Langkah Pemkot Metro Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadhan

Menurutnya, apabila saksi yang hadir lebih dari satu orang, maka hanya satu orang saja yang diperkenankan untuk masuk di ruang pleno tersebut.

“Dan saksi lainnya bisa menunggu di luar ruang pleno. Sebab, mekanismenya memang harus berjalan seperti itu. Rekapitulasi ini kan cukup panjang ya, terkadang mereka jenuh juga, makanya dibuat bergiliran saja atau lukir,” jelasnya.

Rudy mengatakan KPU Kota Metro akan melakukan tahapan tersebut dengan cepat. Namun, hasilnya tetap menyesuaikan kondisi yang ada di lapangan. Sementara, pihaknya mengaku, tidak ada kendala dalam proses rekapitulasi tersebut.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar. Terkait dari saksi yang mungkin ada penyampaian terkait hal-hal perhitungan yang ada di kecamatan, itu hal biasa, karena proses rekapitulasi memang seperti itu,” bebernya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara yang terlibat pada setiap tahapan di Pemilu 2024.

“Kami dari KPU Kota Metro, mengucapkan terima kasih banyak untuk teman-teman penyelenggara mulai dari KPPS, PPS, dan PPK yang mana mereka secara langsung terjun di kegiatan Pemilu 2024 ini,” tuturnya.

“Juga terima kasih kepada seluruh pengamanan dan media yang telah meliput dan menyebarluaskan informasi kepada seluruh masyarakat. Kepada perangkat daerah mulai dari RT/RW hingga para aparat yang sudah terlibat mengamankan,” pungkasnya.  (MRC)

Sumber: