Bawaslu Tertibkan APK di Bandar Lampung Pakai Mobil PJU

Bawaslu Tertibkan APK di Bandar Lampung Pakai Mobil PJU

Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung, Apriliwanda--Foto Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandar Lampung mengapresiasi langkah pemerintah kota (Pemkot) yang membantu dalam melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK). 

Pemkot Bandar Lampung memberikan pinjaman berupa mobil Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk menertibkan APK yang sulit dijangkau oleh anggotanya, sehingga harus menggunakan alat bantu.

"Kita disuport dengan mobil PJU, sehingga kita dengan mudah menurunkan baliho. Karena kemarin kita terkendala dengan alat, maka hari ini kita fokus untuk penertiban APK itu," ujar Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung, Apriliwanda, Senin (12/2/2024).

Pembersihan APK tersebut, lantaran telah memasuki hari tenang dari tanggal 11 sampai 13 nanti. Sehingga pihaknya fokus pengawasan terkait penertiban APK.

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung akan Gelar Pasar Murah di Bulan Ramadhan

"Kita mengerahkan semua anggota untuk membersihkan APK yang ada di Bandar Lampung," katanya.

Menurutnya, terkait baliho telah ada beberapa partai yang secara mandiri membersihkan, tapi hal itu tidak banyak.

Oleh karenanya, kata Apriliwanda, penertiban APK ini juga perlu kerja semua pihak. Terutama pemerintah kota dan juga Bawaslu serta masyarakat.

"Mari kita bersama-sama menertibkan APK ini, kita menghimbau semuanya masyarakat di Bandar Lampung untuk mencopot baliho yang ada dilingkunganya. Sehingga harapan kita H-1 pencoblosan itu sudah bersih semua," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga fokus pada pengawasan many politik pada hari tenang dan hari saat pencoblosan.

Pengawasan many politik itu pihaknya membentuk tim yang dinamai dengan Gapindu, yang anggotanya terdiri dari Bawaslu, kepolisian, lalu ada dari kejaksaan.

"Tim ini sudah berjalan, terutama di rentan waktu H-1 hingga nanti hari pencoblosan," katanya.

Kemudian, bila ada masyarakat yang memakai baju partai saat hari H ini kita akan himbau untuk mengganti pakaiannya.

Sementara, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana menyampaikan, pihaknya telah mengintruksikan OPD terkait untuk menertibkan APK di semua tempat terutama di jalan-jalan protokol.

Sumber: