Curah Hujan Tinggi, BPBD Lambar Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Curah Hujan Tinggi, BPBD Lambar Imbau Masyarakat Waspada Banjir

--Foto Ade Irawan

LAMBAR, LAMPUNGNEWSPAPER-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengingatkan warga untuk selalu siaga menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. Mengingat tingginya curah hujan yang terjadi sejak masuk bulan Januari 2024 ini.

Sekretaris BPBD Lambar Abdullah Qodri, mewakili Kepala BPBD Padang Priyo Utomo, mengimbau masyarakat khususnya Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh, untuk mewaspadai terjadinya bencana banjir yang kapan saja bisa terjadi akibat curah hujan.

“Dampak musim penghujan setiap tahunnya cenderung sama, dipengaruhi struktur tanah yang tidak stabil, sehingga bencana banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang kerap terjadi,” ucap Abdullah di Ruang Kerjanya, Rabu (17/1/2024).

“Ada sejumlah kecamatan yang berpotensi terdampak banjir, namun tidak menyeluruh, yang pasti setiap tahun dua kecamatan bandar negeri suoh (BNS) dan suoh sering terjadi banjir,” sambung Abdullah.

BACA JUGA:Baru Grand Opening, Ada Promo Menarik Di Ry Drink Ice Cream Di Tiuh Tohow.

Abdullah menginformasikan, setiap masuk bulan Januari dan Februari terjadi peningkatan intensitas curah hujan. Dampak El Nino juga ikut berperan meski tidak signifikan seperti di daerah lain

“Karenanya, kami mengimbau masyarakat yang wilayahnya sedang terjadi hujan dan sering kebanjiran, agar lebih memperhatikan saluran pembuangan serta membersihkan sampah yang akan menyumbat aliran air,” imbaunya.

Sebagai bentuk antisipasi dan kesiapsiagaan, BPBD Lambar telah menyiapkan Satuan Petugas (Satgas) ditiap Pekon khususnya yang sering terdampak bencana.

“Kami menyiapkan satgas BPBD di tiap pekon, satgas ini siap 1×24 jam untuk bersiaga, membantu, dan melaporkan jika terjadi bencana alam. Selain itu, alat berat juga selalu stanby,” tutup Abdullah.

Sumber: