Lebihi Target, Realisasi Retribusi Sampah di Bandar Lampung Capai Rp13,5 Miliar Selama 2023

Lebihi Target, Realisasi Retribusi Sampah di Bandar Lampung Capai Rp13,5 Miliar Selama 2023

--

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER,- Realisasi retribusi sampah di Kota Bandar Lampung melebihi target, yaitu mencapai Rp13,5 miliar lebih selama tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung, Ahmad Husna, Kamis (11/1/2024).

"Retribusi per sampahan kita melebihi 100 persen dari target. Dimana dari target Rp13,5 miliar terealisasi Rp13,5 miliar lebih. Ya lebih dikit sekitar 1 persen," katanya. 

Husna mengaku, untuk di 2024 pihaknya kembali menargetkan retribusi sampah sama seperti tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp13,5 miliar.

Namun, ia meyakini, di tahun ini realisasinya akan lebih meningkat lagi, lantaran sudah bekerjasama dengan pihak BRI dalam pembayarannya.

"Nah untuk di tahun ini pembayaran retribusi sampah itu menggunakan online yaitu menggunakan aplikasi yang namanya Stroberi atau Solusi Transaksi Elektronik BRI," ungkapnya.

BACA JUGA: Diserang Buaya Tambak, Seorang Kakek Alami 18 Jahitan

Namun, ia mengaku, untuk sementara ini aplikasi Stoberi tersebut masih dalam tahap sosialisasi.

"Saat ini kita terus sosialisasikan, seperti hari ini kita sosialisasikan ke 126 perusahaan yang retribusi sampahnya tinggi. Seperti pada perusahaan hotel, kafe dan perusahaan besar lainnya. Yang tagihan diatas Rp1 juta," ujarnya.

Setelah sosialisasi, aplikasi Stoberi ini ditarget dapat dipakai pada Februari 2024.

"Nanti mudah-mudahan Februari sudah bisa digunakan. Tetapi memang kita terapkan ini ke perusahaan, ke cafe, ke toko, hotel dan sejenisnya dulu," katanya.

Selanjutnya, Husna menyebut, pembayaran rertibusi sampah berbasih online ini akan diterapkan ke masyarakat.

"Tentunya nanti layanan ini juga bisa dirasakan masyarakat. Sehingga membayar retribusinya tidak lagi cash kepada petugas karena semua melalui transfer," paparnya.

Akan tetapi, Husna menyebut, saat ini aplikasi Stroberi hanya bisa dinikmati untuk pengguna android saja.

Sumber: