Kemenhub Hibahkan 5 Pelabuhan kePemprov Lampung, Salah Satunya Sebalang

 Kemenhub Hibahkan 5 Pelabuhan kePemprov Lampung, Salah Satunya Sebalang

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Bambang Sumbogo--ist Febi

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER-Kementrian Perhubungan (Kemenhub) hibahkan 5 pelabuhan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. 

Dilansir dari Radar Lamsel, Kelima pelabuhan yang dihibahkan ialah Pelabuhan Sebalang di Lampung Selatan, Tanah Merah di Mesuji, Manggala di Tulang Bawang, Teluk Betung di Bandar Lampung, serta pelabuhan Maringgai di Lampung Timur. 

Hibah 5 pelabuhan itu disambut baik oleh Pemprov Lampung sebab jadi sumber pemasukan asli wilayah (PAD) baru. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Bambang Sumbogo mengatakan, dengan hibah ini hingga 5 pelabuhan ini dikelola serta dioperasikan oleh Pemprov Lampung 

Dari kelima pelabuhan ini yang perlu diketahui kalau yang lengkap pelabuhannya merupakan Sebalang," ucap Bambang Sumbogo, Kamis 4 Januari 2024. 

Untuk itu, kata Bambang Sumbogo Pelabuhan Sebalang mungkin yang hendak dibentuk terlebih dulu 

BACA JUGA:Ini Salah Satu Pesan Bupati Dendi ke PJ Kades Dantar , Bahu-Membahu

"Dengan terdapatnya pelimpahan ini kita dapat melaksanakan pengelolaan pelabuhan sehingga dapat jadi sumber PAD kita," ucapnya. 

Pelabuhan Sebalang, diungkapkan Bambang Sumbogo nantinya akan jadi pelabuhan umum semacam Pelabuhan Panjang. Baik itu buat kargo ataupun penumpang. 

Jadi nanti di situ luas lahannya 28 hektare serta di zona sana pula terdapat kawasan luas HGU kepunyaan industri 300 hektare. Dapat dibesarkan lagi," ucapnya 

"Yang jelas logistik Lampung disana (Sebalang,red). Nanti bisa jadi batubara, batu split, pasir dapat melalui sana Apalagi ternak yang di Panjang dapat kita mengalihkan Sasaran kita di situ dapat kita fungsional kan semua," tuturnya.  

Lanjut Bambang Sumbogo, untuk Pelabuhan Teluk Betung ialah pelabuhan yang terdapat pada era Belanda.  

"Kita harap Teluk Betung dapat kita packaging yang bagus, jadi pelabuhan pariwisata serta kuliner," ucapnya. 

Jadi yang ingin berpariwisata dapat melalui Pelabuhan Teluk Betung. Semacam ke Tegal Mas, Kiluan, serta yang lain dapat dari situ," tuturnya. 

Sumber: