Capaian Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Barat Tahun 2023

Capaian Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Barat Tahun 2023

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Barat, Syafaruddin--Ade Irawan

LAMBAR,LAMPUNGNEWSPAPER- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tahun 2023 telah melaksanakan program-program unggulan yang memiliki dampak positif bagi daerah Kabupaten Lampung Barat.

"Di bidang kearsipan sendiri contohnya, adanya program aplikasi srikandi dimana pada tahun 2023 telah dilaksanakan bimtek aplikasi srikandi terkait admin saat ini yang telah terdaftar sebagai admin di masing-masing perangkat daerah dan akan launching pada tahun 2024," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Barat, Syafaruddin, Selasa (19/12/2023).

Kemudian kata dia, terkait peningkatan sarana prasarana kearsipan, sesuai dengan kegiatan perangkat daerah untuk tahun yang akan datang akan dilaksanakan pembangunan gedung depo arsip, dengan memanfaatkan lahan atau tanah milik pemerintah daerah.

Dan Kabupaten Lampung Barat menjadi prioritas untuk mendapatkan dana DAK yang realisasinya berjalan di bidang fasilitas layanan perpustakaan di tahun yang akan datang.

"Lalu pada bidang pengembangan koleksi, pengelolaan dan alih media adanya transformasi perpustakaan berbasis digital dengan peningkayan SDM perpustakaan ditingkat satuan pendidikan dasar se-kabupaten Lampung Barat melalui aplikasi inlis-lite. Sementara koleksi buku pada tahun 2023 mendapatkan tambahan koleksi fisik sebanyak 311 examplar dengan jumlah judul sebanyak 63," ungkapnya.

BACA JUGA:Tuba Dalam Sepekan Mempersembahkan 2 Prestasi Tingkat Nasional untuk Lampung

Sementara Saparuddin melanjutkan, pada bidang layanan pustaka dan pembudayaan gemar membaca, angka indeks kegemaran membaca masyarakat yang di survey oleh tim dari independen unila mendapatkan kategori “tinggi” dengan nilai 76,901.

"Juga dalam festival literasi tingkat provinsi Lampung kemaren kita mendapatkan peringkat ke 7 dari 15 kabupaten di provinsi Lampung. Dan akreditasi perpustakaan mendapat peningkatan dimana tahun ini mendapat akreditasi B berdasarkan penilaian kepala perpustakaan republik indonesia dengan sertifikat akreditasi nomor : 1910/1/PPM.02/IV.2023," ucapnya.

Dirinya mengatakan, jika pihaknya menyadari bahwa disamping keberhasilan dalam pencapaian kinerja masih terdapat kekurangan yang belum optimal dalam memberikan kepuasaan terhadap semua pihak terutama bagi seluruh masyarakat kabupaten Lampung Barat.

Semoga hasil pencapain ini dapat memberikan informasi dari hasil kinerja kami dalam kurun satu (tahun) anggaran," tukas dia.

 

Sumber: