Kebakaran! Rumah Kosong di Rawasari IV Kota Metro Gosong

Kebakaran! Rumah Kosong di Rawasari IV Kota Metro Gosong

Rumah kosong milik warga yang terletak di Jalan Hasanudin, Rawasari IV, Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro terbakar--M.Ricardho

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Rumah kosong milik warga yang terletak di Jalan Hasanudin, Rawasari IV, Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro terbakar pada Senin malam, 18 Desember 2023, sekitar jam 21:06 WIB.

Peristiwa nahas itu diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Berdasarkan pantauan Lampung Newspaper di lokasi kejadian, nampak satu dari rumah kontrakan dua jajar itu menjadi gosong karena terbakar pada bagian atap dan dinding. Disebutkan sejumlah saksi mata, bahwa nyala api bersumber dari tumpukan kayu kering yang tergeletak di samping rumah. 

“Jadi, kami mendapatkan info dari masyarakat soal adanya kebakaran di Rawasari IV, laporan masuk sekitar jam 21:06 WIB,” kata salah seorang petugas Damkar Satpol PP Kota Metro, M Reynaldi S di lokasi kebakaran.

Reynaldi menjelaskan, penyebab pasti kebakaran belum diketahui. Akan tetapi, dugaan sementara dikarenakan kelalaian membuang puntung rokok, sehingga membuat tumpukan kayu kering di samping rumah tersebut menjadi tersulut api.

“Api berhasil dipadamkan setelah dilakukan pemadaman 10 menit dan pendinginan 15 menit. Kalau dugaan sementara sih, kita duga ini akibat puntung rokok, ya soalnya rumah itu kan dalam keadaan kosong, enggak ada penghuninya.

BACA JUGA:LPM DPD RI Lampung melaksanakan Musyawarah berlangsung Ricuh

Jadi, begitu laporan masuk, tim langsung menuju ke lokasi kebakaran dengan dua armada pemadam kebakaran,” jelasnya.

Terpisah, Kabid Damkar Satpol PP Kota Metro, Marwan Hakim mengonfirmasi kejadian tersebut. Dia mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan hati-hati terhadap segala hal yang berpotensi memicu nyala api, sehingga berakibat kebakaran.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan ketika berpergian dari rumah, hendaknya memeriksa dan mencabut aliran listrik dari perangkat elektronik,” kata Marwan Hakim, Selasa, 19/12/2023.

 

“Intinya, hati-hati ketika membakar sampah. Dan juga, ketika hendak meninggalkan tempat pembakaran sampah, maka pastikan dulu kalau api nya sudah benar-benar padam,” pungkasnya.  (MRC)

Sumber: