Pameran Bank Sampah, Pemkot Metro Ajak Masyarakat Olah Sampah Jadi Komersil

Pameran Bank Sampah, Pemkot Metro Ajak Masyarakat Olah Sampah Jadi Komersil

Pameran Bank Sampah bertajuk “Nature and Harmony 2023” di Cagar Budaya Rumah Asisten Wedana setempat, Sabtu, 16/12/2023.--M.Ricardho

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menggelar Pameran Bank Sampah bertajuk “Nature and Harmony 2023” di Cagar Budaya Rumah Asisten Wedana setempat, Sabtu, 16/12/2023.

Masyarakat diharap ikut andil dalam pengelolaan dan pengolahan sampah menjadi produk-produk komersil.

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, pemerintah mendukung gerakan-gerakan semisal itu.

Hal itu diharap dapat mengedukasi masyarakat, bahwa betapa sebagian sampah itu masih bisa diolah menjadi produk-produk yang punya nilai jual.

“Tahun ini Pemkot Metro memberikan insentif kepada para pengelola Bank Sampah di kelurahan se-Kota Metro, sebagai wujud komitmen dukungan terhadap partisipasi masyarakat, dalam membantu penanganan persoalan sampah. Kami juga terus mendorong keterlibatan sektor perbankan, dunia usaha dan perguruan tinggi dalam persoalan penanganan sampah di Kota Metro,” kata Wahdi.

Senada, Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman berharap kegiatan itu akan dapat meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah.

Kehadiran Bank Sampah dengan berbagai kreativitasnya dalam menampilkan produk-produk sampah daur ulang, menuai apresiasi.

BACA JUGA:Aksi Keji Kakek Tega Cemari Bocah Tetangga Berusia 7 Tahun

“Lewat gelaran ini kita akan terus berupaya Metro Go Green lewat upaya ubah sampah jadi berkah, akan membantu Kota Metro dalam mengelola sampah perkotaan. Yang penting itu kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidupnya, mind sett cara berpikirnya harus disadarkan dulu. Kota ini harus diurus dengan baik, agar lingkungan bersih dan sehat,” kata Qomaru.

“Bayangkan, bila dalam satu kelurahan dapat mengolah sampah dan menghasilkan uang dua hingga tiga milyar, coba bayangkan berapa uang yang bisa dihasilkan dari semua kelurahan yang ada,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Metro, Silfia Naharani menuturkan apresiasi terhadap gelaran Pameran Bank Sampak Nature and Harmony 2023.

Pihaknya juga bakal berperan aktif mendorong pembentukan dan perkembangan Bank Sampah sebagai kontribusi perempuan, bagi pengelolaan sampah dan pembangunan berkelanjutan

“Kami mengapresiasi peran serta bank-bank sampah yang merupakan bentukan PKK Kota Metro dan gelaran yang digelar di Cagar Budaya Rumah Asisten Wedana Metro,” kata Silfia.

Dari informasi yang dihimpun Lampung Newspaper, diketahui sebanyak 30 Bank Sampah dari Kota Metro, Kota Bandar Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan ikut serta, hadir memeriahkan gelaran Pameran Bank Sampah yang pertama kalinya digelar di Kota Metro tersebut.

Sumber: