Hingga Oktober, Jumlah Wisatawan Lampung Barat 1,2 Juta, Diprediksi Menurun Dibanding 2022 Lalu

Hingga Oktober, Jumlah Wisatawan Lampung Barat 1,2 Juta,  Diprediksi Menurun Dibanding 2022 Lalu

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat Endang Guntoro--Ade Irawan

LAMPUNGBARAT,LAMPUNGNEWSPAPER- Jumlah wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata di Lampung Barat hingga Oktober 2023 sebanyak 1.246.637, diprediksi menurun dibandingkan dengan data tahun 2022 lalu yang mencapai 1.798.166 pengunjung.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat Endang Guntoro saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/12/2023).

"Secara kumulatif hingga Oktober 2023 jumlah wisatawan ke Lampung Barat sebanyak 1.246.637 kunjungan, kami melihat hingga akhir tahun ini akan ada penurunan dibanding tahun lalu (2022),"

"Jumlah itu didapatkan dari 76 destinasi wisata yang ada di Lampung Barat, yang terbagi menjadi 40 destinasi terkelola, 20 desa wisata, 10 destinasi unggulan," ungkap Endang Guntoro.

Endang Guntoro menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab menurunnya wisatawan yang datang ke Lampung Barat.

"Beberapa faktor penurunan itu disebabkan salah satunya karena kurangnya tanggal libur panjang, dan penurunan pada saat masuk bulan suci Ramadhan," jelasnya.

BACA JUGA:Polisi Simpulkan Tak Ada Kasus Bully di SMA Muhammadiyah

Menurutnya, jumlah pengunjung destinasi wisata juga berpengaruh pada bantuan pemerintah pusat untuk masuk ke daerah atau kabupaten.

"Jumlah pengunjung berpengaruh terhadap DAK bidang pariwisata. Angka kunjungan juga menjadi acuan bantuan pemerintah pusat baik DAK maupun bantuan lainnya,"

Sehingga, Endang Guntoro berharap kedepannya jumlah kunjungan destinasi wisata di Lampung Barat semakin meningkat dan dapat memajukan daerah dengan Program Bangga Berwisata di Indonesia.

Sumber: