Jelang Nataru Pemudik di Tol Trans Sumatera Diprediksi Melonjak 24 Persen dari Hari Normal

Jelang Nataru Pemudik di Tol Trans Sumatera Diprediksi Melonjak 24 Persen dari Hari Normal

jelang nataru JTTS diperediksi ada lonjakan pemudik 24 persen--Khairul

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER – Jelang Natal dan tahun baru (Nataru) 2024, PT Hutama Karya (Persero) memprediksi lonjakan pemudik terjadi di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Peningkatannya bisa hingga 24% dibandingkan lalu lintas normal. Yaitu dari biasanya 990.000 menjadi 1.230.000 kendaraan.

 

Puncak arus mudiknya, terang Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, dimulai pada H-2 Natal, tanggal 23 Desember 2023. Sedangkan, puncak arus baliknya dimulai 30 Desember 2023.

 

Menurutnya, seperti diutarakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bahwa jalan tol yang telah beroperasi saat ini siap mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas pada libur Nataru mendatang.

Kemudian selain jalan tol yang telah beroperasi, Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat (71 km), Tol Bangkinang–Tanjung Alai (25 km), dan Tol Binjai–Langsa seksi Kuala Bingai–Tanjung Pura (19 km) juga akan dioperasikan secara fungsional selama libur Nataru.

 

Sementara dari sisi pelayanan, kata Tjahjo, PT Hutama Karya telah menyiapkan berbagai strategi antimacet.

Di antaranya dengan menyediakan 64 unit alat mobile reader dan top-up asongan.

 

BACA JUGA:Diduga Ada Pungli Pada Penyaluran Dana Bansos di Desa Kalisari Natar

“Untuk mempercepat transaksi serta penerapan sistem holding di rest area Tol Terpeka dan Permai apabila lonjakan semakin padat,”ungkap Tjahjo Purnomo Minggu (3/11.

Sumber: