PWI Gandeng Pemkot Bandar Lampung Gelar Pelatihan IT dan Medsos untuk ASN

PWI Gandeng Pemkot Bandar Lampung Gelar Pelatihan IT dan Medsos untuk ASN

(PWI) Provinsi Lampung menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberikan pelatihan informasi teknologi (IT) dan media sosial (Medsos) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Kamis (19/10/2023). --Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberikan pelatihan informasi teknologi (IT) dan media sosial (Medsos) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Kamis (19/10/2023).

Pelatihan yang digelar di Hotel Bukit Randu ini diikuti 160 perserta dari 47 OPD dan 20 Kecamatan. Dengan materi yang diberikan, yaitu UU Pers, pembuatan konten medsos, fotografi, dan teknik penulisan berita.

Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah mengatakan, PWI turut berbahagia karena dapat melakukan kolaborasi dengan Pemkot Bandar Lampung setelah sekian lama.

"Tentu kegiatan ini juga untuk kemajuan kota Bandarlampung yang kita sayangi. Kami pun siap menerima kritikan jika kita sudah keluar dari jalurnya dan undang undang yang berlaku," katanya.
BACA JUGA:Lapas Kelas IIA Kota Metro Bebaskan Tiga Eks Narapidana Teroris

Wirahadikusumah mengungkapkan, PWI Lampung tetap fokus pada peningkatan kualitas SDM wartawan. Sehingga mampu menjalankan tugas-tugasnya sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers.

Wirahadikusumah meminta agar ASN Pemkot Bandar Lampung tidak perlu takut menghadapi wartawan. Karena profesi wartawan sesungguhnya adalah mencari dan mengolah informasi untuk disebarluaskan ke publik.

“Jadi kalau ada yang datang kemudian memeras,meminta sesuatu dan mengintimidasi, maka harus dilaporkan kepada polisi, karena itu adalah bentuk tindakan kriminal,” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, bagi ASN yang mengikuti pelatihan ini agar memperhatikan materi-materi yang diberikan oleh PWI Lampung.

"Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan keahlian IT bagi aparatur ASN di ruang lingkup Pemerintah Kota Bandar Lampung," kata dia.

BACA JUGA:Belum Seumur Jagung, Cafe and Resto Angel Wings Diduga Kembali Melanggar

Bunda Eva berharap, pelatihan-pelatihan seperti ini juga bisa dikembangkan hingga ke anak-anak muda bahkan ke kelompok ibu-ibu yang ada di Kota Bandar Lampung.

"Kedepannya kegiatan ini juga diharapkan bisa terus dilakukan dan bukan hanya dilaksanakan pada akhir tahun saja," ujarnya.

Dalam kegiatan ini ada lima materi yang akan disampaikan para narasumber dari PWI Lampung.

Materi pertama, yaitu Hubungan Pers dan Pemerintah dalam Mewujudkan Paratur Berkualitas yang dibawakan Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung, H. Iskandar Zulkarnain dengan moderator Eka Setiawan S.Pd.

Meteri kedua, Undang Undang Pers nomor 40 Tahun 1999, Kode Etik Jurnalistik, dan trik menghadapi wartawan dibawakan Pengurus Bidang Kompetensi PWI Pusat, H Nizwar SE dengan moderator Drs Amirudin Sormin.

Materi ketiga, Prinsip Dasar Jurnalistik dan Teknik Dasar Menulis dibawakan oleh Wakabid Pendidikan PWI Lampung, Munizar dengan moderator Aryadi Ahmad.

Materi keempat, fotografi dibawakan oleh Seksi Kerjasama PWI Provinsi Lampung, H Syahroni Yusuf dengan moderator Delima Napitupulu.

Materi kelima, pemanfaatan IT untuk publik yang dibawakan Seksi Siber PWI Provinsi Lampung, Kalbi Rikardo S.P dengan moderator Tampan Fernando. (dka)

Sumber: