Damkar Sisir Pohon Rawan Tumbang di Komplek Pemkab Lamsel

Damkar Sisir Pohon Rawan Tumbang di Komplek Pemkab Lamsel

Tim Damkar Posko Kalianda mengevakuasi pohon rawan tumbang di seputaran Pemkab Lampung Selatan.--Ist

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan melakukan penyisiran pohon rawan tumbang di komplek perkantoran Pemkab Lampung Selatan, Kamis (5/4/2023).

 

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan terjadinya peristiwa yang tak diinginkan. Sebab, belum lama ini kerap terdengar kabar pohon tumbang yang menimpa warga.

 

Kabid Damkar Rully Fikriansyah mengatakan penertiban dan pencegahan ini dilakukan oleh Tim Damkar Posko Kalianda. Tak tanggung-tanggung, delapan personel bergerak sejak pagi hingga tengah hari kemarin.

 

“ Kami melaksanakan evakuasi penebangan pohon yang berpotensi akan tumbang di depan Kantor PKK Lampung Selatan. Jika tidak dievakuasi kami khawatir pohon yang berukuran cukup besar itu berisiko tumbang dihantam angina kencang,” kata Rully.

 

BACA JUGA:BNPB dan BPBD Diskusi Bahas Peringatan Dini Tsunami 

 

Dia bilang, El nino yang melanda juga mencaji factor pemicunya. Selain cuaca panas, El nino juga datang bersamaan dengan hembusan angina yang cukup intensif.

 

 “ Memang bahaya sekali, cuacanya panas tetapi angina berhembus kencang. Makanya sering kali kami sampaikan kepada warga untuk tidak sembarangan menyulut api, karena angina bisa menjadi media terjadinya kebakaran di kondisi seperti ini,” pungkasnya.

 

 Masih kata Rully, Tim Damkar juga mendapat laporan di beberapa titik seputara Pemkab Lampung Selatan yang terdapat pohon besar dan rawan tumbang.

 

Oleh sebab itu Tim ini mulai bergerak dari pukul 08.30 WIB hingga selesai pukul 11.30 WIB. Salah satu titik yang juga masuk radar evakuasi Damkar yakni di sekitar DLHD Lampung Selatan.

 

“ Delapan orang meluncur ke DLHD, dipimpin Toto (Danru), Alpa Roby, Basithul, Suhendar, Abiem, Angga, Yuda dan Halimun bergerak cepat mengevakuasi pohon-pohon rawan tumbang tersebut,” pungkasnya. (red)

 

Sumber: