Jelang Purna Tugas, Bupati Tanggamus Titip Pesan Khusus

Jelang Purna Tugas, Bupati  Tanggamus Titip Pesan Khusus

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam amanatnya menyampaikan apresiasi kepada Palang Merah Indonesia (PMI)--Ist Kominfo

TANGGAMUS, LAMPUNGNEWSPAPER-Berbagai pesan dan juga kesan disampaikan Bupati Hj Dewi Handajani saat moment upacara bulanan dalam rangka peringati hari kelahiran Palang Merah Indonesia (PMI), Satuan Polisi Pamong Praja, Hari Olahraga Nasional (Haornas) dan Hari Perhubungan Nasional yang digelar di Lapangan Pemda Tanggamus, Senin (18/9).

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam amanatnya menyampaikan apresiasi kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Dimana selama 5 tahun hingga menjelang masa jabatannya selaku pimpinan di Kabupaten Tanggamus terus memberikan kontribusi dan membantu masyarakat Tanggamus dalam beberapa hal baik bantuan pada saat Pandemi Covid 19, serta upaya  vaksinasi, membantu para korban bencana alam ataupun korban bencana non-alam.

BACA JUGA:PDIP Belum Kepikiran, Golkar Merekomendasikan Ririn Sebagai Bakal Calon Bupati Pringsewu

"Salah satu peranan PMI Tanggamus seperti kejadian banjir dan tanah longsor di Kecamatan Semaka beberapa waktu lalu, PMI salah satu organisasi yang memberikan pertolongan pertama,"kata Dewi Handajani.

Lalu di bulan ini juga, diperingati Hari Pamong Praja, dan tahun ini merupakan usia ke 73.
Bupati mengatakan bahwa tugas utama yang berada dipundak Pamong Praja ialah penyelenggaraan pemerintahan umum.


Meliputi pembinaan ideologi Pancasila, pembinaan kesatuan bangsa, pembinaan politik dalam negeri, hingga tugas pembinaan ketenteraman, dan ketertiban umum.

"Tugas Pamong Praja juga melakukan koordinasi penyelengaraan pemerintahan, tentunya berbagai tugas dan tanggungjawabnya itu sangat penting, bukan tugas yang mudah namun mulia,"terangnya.

Melihat pentingnya tugas tugas umum yang diemban oleh Pamong Praja.
Pemerintah telah mempersiapkan kader pamong praja melalui lembaga pendidikan kepamongprajaan sejak tahun 1957.
Hal ini agar supaya keberlangsungan tugas tersebut dapat berkesinambungan setiap waktu.

Lalu berkaitan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati setiap tanggal 9 September.


Dan untuk saat ini diperingati secara bersamaan dengan peringatan beberapa organisasi dan lembaga dalam upacara bulanan yang digelar oleh Pemkab Tanggamus.

Bupati yang dalam waktu dekat ini akan purna tugas, pada tanggal 20 September 2023 mengatakan bahwa upaya untuk mendukung majunya dunia olahraga telah dilakukan dalam berbagai upaya dan sejumlah fasilitas penunjang yang dibangun.

Salah satunya yakni GOR Ratu yang berlokasi di Pekon Kotaagung Kampung, Kecamatan Kotaagung telah dibangun.

 

BACA JUGA:ASN di Pringsewu Ikrar Netralitas pada Pemilu 2024


Manfaatnya bangunan GOR, selain untuk sarana olahraga, berbagai kegiatan Pemda juga dilakukan di GOR tersebut seperti Musrenbang tingkat Kabupaten.

"Maka daripada itu bunda berharap, kepada Dispora Tanggamus agar dapat mengelola dan membenahi fasilitas yang ada,
mudah-mudahan, GOR Ratu kedepan akan turut berkontribusi munculnya atlet olahraga Tanggamus yang berprestasi mengharumkan nama Tanggamus hingga kekancah internasional,"pesannya.

Dunia olahraga Kabupaten Tanggamus  dimasa kepemimpinannya, juga berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan.
Mampu meraih puncak prestasi terbaik Kabupaten Tanggamus di level Provinsi, yaitu masuk Posisi 4 Besar dari 15 Kabupaten/Kota se-provinsi Lampung.

Pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Lampung IX tahun 2022, dengan torehan 74 Medali Emas, 57 Perak dan 73 Perunggu.

"Kabupaten Tanggamus saat ini berdiri sejajar dengan Kabupaten/Kota yang secara tradisi merupakan lumbung atlet Lampung seperti Kota Bandar Lampung dan Kota Metro,"terangnya.

Atas capaian tersebut lanjutnya, Pemkab Telah mempersiapkan bonus bagi atlit asal Kabupaten Tanggamus yang memiliki prestasi gemilang.

"Saya berharap kepada Sekda dan Kadispora agar kiranya mengawal bonus/tali asih atlet Tanggamus berprestasi yang telah membawa kejayaan dan nama harum Kabupaten Tanggamus,"pesannya.

Sementara itu, momentum peringatan Hari Perhubungan, merupakan momen yang tepat bagi segenap insan perhubungan untuk meresapi kembali semboyan perhubungan “Wahana Manghayu Warga Pertiwi” yakni perhubungan adalah wahana untuk mensejahterakan bangsa dan Negara.
Perhubungan memiliki peranan yang amat strategis dalam keberhasilan pembangunan.

"Transportasi adalah urat nadi kehidupan, fasilitas dan prasarana perhubungan harus dilengkapi serta menjadi prioritas, demi mewujudkan transportasi yang aman, selamat, dan nyaman bagi warga masyarakat diwilayah Tanggamus,"tandasnya.

Turut serta dalam upacara bulanan tersebut, Forkompimda Tanggamus, Wabup Tanggamus Hi.A.M.Syafii, Sekdakab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis,Kepala OPD, Camat, Kabag,
Kepala Instansi Vertikal/BUMN dan BUMD, Para Pengurus KONI dan Pengurus PMI Tanggamus, Ketua TP-PKK Kecamatan se-Tanggamus.(iqb)

Sumber: