Selain Penindakan, Satlantas Polres Pringsewu Juga Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas

Selain Penindakan, Satlantas Polres Pringsewu Juga Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas

--

PRINGSEWU, LAMPUNGNEWSPAPER - Polres Pringsewu terus melakukan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas kepada pengguna jalan.

 

BACA JUGA:Mendagri Harapkan Daerah Lakukan Inovasi Dalam Mengatasi Kenaikan Harga Beras

 

“Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Zebra Krakatau 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan,” ujar Kasat Lantas Polres Pringsewu AKP Khoirul Bahri saat ditemui awak media usai menggelar operasi zebra di Ruas Jalan Lintas Barat Sumatera Kelurahan Pajaresuk, Pringsewu.

 

Ia menjelaskan, dalam kegiatan Operasi Zebra ini pihaknya menitikberatkan pada upaya edukasi seperti membagikan brosur dan memasang stiker yang berisi pesan moral mengenai tertib berlalu lintas. Selain upaya preemtif dan preventif, kata Kasat, pihaknya juga terus melakukan penindakan terhadap 7 sasaran prioritas pelanggaran operasi Zebra.

 

Seperti tidak memakai helm, berkendara dibawah umur, melawan arus dan tidak memakai sabuk keselamatan. Ia menyebut, sepekan menggelar operasi zebra pihaknya telah menindak 896 pelanggar lalu lintas. Dari jumlah tersebut 113 ditindak dengan tilang manual sementara sisanya 783 ditindak dengan teguran tertulis.

 

“Mayoritas pelanggaran yang kami tindak masih didominasi pengendara sepeda motor dengan jenis pelanggaran terbanyak tidak memakai helm,” jelasnya. AKP Khoirul berharap bahwa melalui Operasi Zebra ini, kesadaran pengguna jalan akan pentingnya disiplin berlalu lintas dapat tumbuh.

 

Selain itu, ia juga berharap peningkatan disiplin masyarakat akan berdampak positif pada penurunan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, terutama di Kabupaten Pringsewu.

Sumber: