Cegah Karhutla, Polsek Bina Petani Palas

Cegah Karhutla, Polsek Bina Petani Palas

karhutla--JPPNN

PALAS,LAMPUNGNNEWSPAPER – Kekeringan bukanlah satu-satunya ancaman di musim kemarau. Kebakaran lahan juga menjadi bencana yang dapat terjadi di musim kemarau.

 

Untuk menghindari bencana kebakaran lahan, Mapolsek Palas mulai melakukan penyuluhan kepada petani di setiap desa.

Kapolsek Palas AKP Andy Yunara mengatakan, saat ini pihaknya mulai menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat demi menghindari kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau.

 

 

BACA JUGA:61 Anggota Bawaslu di 15 Kabupaten/Kota Se Lampung Periode 2023-2028      

 

 

“Pencegahan kebakaran memang menjadi perhatian kita saat musim kemarau. Saat ini jajaran Polsek Palas juga menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Andy Yunara, Jumat (18/8) kemarin.

 

 

 

Kapolsek mengungkapkan, selain berkoordinasi kepada Forkopimcam Palas terkait mitigasi bencana kebakaran hutan dan lahan. Bhabinkamtibmas juga mulai memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat.

 

 

 

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan Forkompimcam Palas terkait mitigasi bencana ini. Selain itu anggota Bhabinkamtibmas selalu kita tekankan untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat khususnya petani,” sambungnya.

 

 

 

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Palas, Yusak Murjono mengungkapkan, saat selain mengantisipasi kekeringan pihaknya juga mulai menggalakkan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan kepada petani wilayah Palas.

 

 

 

Yusak menjelaskan, pembukaan lahan kering selama musim kemarau paling beresiko menimbulkan kebakaran lahan.

 

 

 

“Kita juga sudah mulai sosialisasi khususnya petani di lahan kering. Petani juga kita imbau tidak membuka lahan dengan cara dibakar apalagi tanpa pengawasan demi mencegah kebakaran lahan ini,” pungkasnya.(dd)

 

Sumber: