Bantuan Dana Hibah Keuangan Untuk 10 Parpol di Bandar Lampung Tahun 2023 Sudah Terealisasikan

Bantuan Dana Hibah Keuangan Untuk 10 Parpol di Bandar Lampung Tahun 2023 Sudah Terealisasikan

--

"Bandar Lampung dari partai politik yang ada keterwakilan hanya ada 10 partai politik yakni PDI-P, NasDem, Gerindra, PAN, PKS, P3, PKB, Perindo, Demokrat, Golkar," tambahnya. 

 

Ia mengatakan, untuk masing-masing Parpol dengan nominal yang berbeda sesuai dengan jumlah suara yang mewakili jumlah kursi yang ada di DPRD dikali dengan nilai 1 suara yakni Rp3.500.

 

"Misal PDI-P 9 kursi total suaranyakan kalau ngak salah ingat 85 ribu, maka di kali x Rp3.500 itu. Jadi begitu cara perhitungannya," ungkapnya. 

 

Seraden menjelaskan, anggaran tahun ini ada kenaikan untuk masing-masing parpol dan ia juga mengatakan bahwa bantuan parpol selalu dianggarkan setiap tahun. 

 

"Dana bantuan partai politik itu tiap tahun di anggarkan. Untuk tahun ini kebetulan ada kenaikan nominal dari nilai persuaranya. Kalau tahun lalu dan sebelumnya yaitu hanya Rp2.650 sekarang Rp3.500," kata dia. 

 

"Dan kenaikan itu harus melalui persetujuan gubernur kalau untuk DPRD kabupaten/kota. Kalau kenaikan untuk DPRD provinsi itu persetujuan kemendagri. Nah kita alhamdulillah disetujui oleh gubernur, sehingga tahun ini kita berikan bantuan nominalnya persuara Rp3.500," tambahnya. 

 

Untuk prosesnya, Seraden menjelaskan, bergantung dengan kelengkapan berkas masing-masing parpol.

 

"Kalau kelengkapan berkasnyakan dari mereka, kita hanya verifikasi dan lengkapi, terus kalau sudah lengkap ya tergantung Kasda kita," paparnya. 

Sumber: